Solois Duffy Akui Telah Diperkosa dan Disekap

tim, CNN Indonesia | Rabu, 26/02/2020 15:45 WIB
Solois Duffy Akui Telah Diperkosa dan Disekap Penyanyi Duffy mengungkap bahwa dirinya pernah disekap dan diperkosa. (Foto: Michael Buckner/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Solois asal Wales, Duffy mengungkapkan dirinya baru melewati sejumlah pengalaman mengerikan. Ia menyebut diperkosa, dibius, dan disekap selama beberapa hari.

Pengakuan itu ia paparkan melalui unggahan Instagram, Rabu (26/2). Duffy menjelaskan saat ini ia sudah aman. Namun ia tidak menceritakan kejadian tersebut secara detail.

Menurutnya, ia telah menuturkan seluruh pengalaman itu kepada seorang jurnalis pada musim panas lalu, dan bahwa cerita itu siap dipublikasikan.
"Sejujurnya, dan tolong percayalah, saya baik-baik saja dan aman sekarang, saya telah diperkosa dan dibius dan disekap selama beberapa hari. Tentu saja saya bertahan. Pemulihan butuh waktu. Tidak ada cara mudah untuk mengatakan hal ini," tulisnya di Instagram.


[Gambas:Instagram]

Di unggahan yang menampilkan foto hutam-putih dirinya, Duffy menuliskan keterangan panjang. Beberapa kali, ia mengatakan kondisinya kini aman.

"Kau hanya bisa membayangkan berapa kali saya berpikir untuk menulis tentang hal ini. Bagaimana saya akan menulisnya, apa yang saya rasakan setelahnya," katanya.

"Well, saya tidak benar-benar yakin sekarang adalah waktu yang tepat, dan apakah akan menyenangkan dan membebaskan jika saya berbicara. Saya tidak dapat menjelaskannya,"

Dalam unggahan yang sama, Duffy berkata peristiwa itu menjadi penyebab dirinya sempat menghilang dari dunia musik. "Banyak dari antara kalian yang bertanya-tanya ke mana saya dan kenapa [menghilang]," tulisnya.

"Seorang jurnalis menghubungi saya, dia menemukan saya dan saya memberi tahu semuanya kepadanya pada musim panas lalu. Dia begitu baik dan rasanya luar biasa, akhirnya saya bicara,"

Ia melanjutkan, "Saya bisa berkata dalam satu dekade ini, ribuan hari saya berkomitmen untuk merasakan kehangatan di hati saya lagi, sekarang matahari bersinar kembali,"

"Kau ingin tahu kenapa saya tidak memakai suara saya untuk mengekspresikan luka hati? Saya tidak ingin menunjukkan kesedihan pada dunia. Saya bertanya pada diri sendiri, bagaimana mungkin saya bernyanyi dengan hati kacau? Dan perlahan, hati saya menguat,"
Solois Duffy Akui Telah Diperkosa dan DisekapDuffy mengklaim dirinya diperkosa, dibius, dan disekap selama beberapa hari dalam sebuah unggahan Instagram, Rabu (26/2). (Foto: Michael Buckner/Getty Images)
Duffy mengatakan ia siap menjawab semua pertanyaan dalam wawancara yang akan ia unggah dalam beberapa pekan ke depan. Sebagai penutup, ia meminta publik untuk menghormati keputusan dan mendukungnya, serta tidak mengganggu keluarganya.

"Tolong hormati hal ini sebagai langkah perlahan saya, [yang dibuat] untuk diri saya sendiri, dan saya tidak ingin ada gangguan pada keluarga saya. Tolong dukung saya untuk menjadikan ini sebagai pengalaman positif," katanya.

Duffy pernah populer pada 2008 lewat album debut Rockferry yang mendapat piala Grammy. Album keduanya, Endlessly (2010) gagal meraih sukses.

Setahun kemudian, ia mengumumkan cuti bermusik. Pada 2015 Duffy menyanyikan lagu-lagu tema film Legend, di mana ia ikut berperan sebagai Timi Yuro. Kemudian, namanya tak lagi santer terdengar. Dua lagunya yang paling dikenal adalah Mercy dan Warwick Avenue.

[Gambas:Video CNN] (rea)