Sudah Divonis, Harvey Weinstein Disebut Ngotot Tak Bersalah

tim, CNN Indonesia | Kamis, 27/02/2020 19:01 WIB
Sudah Divonis, Harvey Weinstein Disebut Ngotot Tak Bersalah Harvey Weinstein dilarikan ke rumah sakit sesaat setelah vonis bersalah dijatuhkan kepadanya dalam persidangan di awal pekan ini. (Foto: Angela Weiss / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Harvey Weinstein disebut merasa tak percaya, tetapi tetap bisa berpikir logis terkait vonis bersalah yang ia terima pada Selasa (25/2) waktu Indonesia. Saat ini ia tengah dirawat di Rumah Sakit Bellevue setelah merasa sakit di dada tepat usai vonis dijatuhkan.

Weisntein diputus bersalah atas dua tuduhan, yakni tindak pidana tingkat pertama karena memaksa Miriam Haley melakukan oral seks pada 2006, dan tingkat tiga karena memperkosa Jessica Mann di sebuah kamar hotel di New York pada 2013.

"Dia [Weinstein] masih tak percaya. Dia bersikeras dirinya tak bersalah," kata Arthur Aidala, salah satu pengacara Weinstein kepada Variety, Rabu (26/2) malam waktu setempat.


Weinstein, kata Aidala, adalah pribadi yang realistis. Menurut sang pengacara, kliennya menyadari betul tengah terlibat dalam pusaran masalah besar.

"Tetapi di saat bersamaan, kami tidak melihat penyesalan Weinstein. Dia sangat konsisten bahwa dirinya tak bersalah, dia tak melakukan apapun yang bertentangan dengan keinginan siapa pun,"

Aidala menilai tuduhan yang dilontarkan Jessica Mann itu berlebihan. Sedangkan dengan Miriam Haley, Weinstein menyatakan kepadanya bahwa mereka melakukan hubungan seksual beberapa hari setelah perlakuan tak pantas yang disebutkan korban.

"'Jika saya benar-benar melakukan kekerasan kepadanya [Miriam], apakah dia masih mau berhubungan seksual atas dasar suka sama suka dengan saya beberapa hari kemudian?'," kata Aidal, menirukan ucapan Weinstein sebelum melanjutkan, "Masalah Jessica Mann itu konyol. Mereka [Mann dan Weinstein] itu sepasang kekasih."

Aidala kemudian mengungkap kondisi terkini Weinstein, yang ia sebut 'baik dan bersemangat'. Ia mengaku belum tahu penyebab pasti rasa sakit yang dialami produser film tersohor itu, tapi membantah dugaan Weinstein memalsukan sakit itu.

"Saya sudah bersiap untuk yang terburuk. Saya berharap melihatnya terbaring lemah di ranjang, tetapi tidak, dia baik baik saja," ujarnya.

"Dia masih bisa berpikir. Tentu saja, dia tidak benar-benar ingin berada di sana, tapi itu bukannya seperti dia di dalam sangkar. Kamarnya seperti kamar rumah sakit biasa dengan ranjang biasa,"
Jika kondisinya dipastikan membaik, Weinstein akan dipindah ke penjara di Rikers Island.

Harvey Weinstein terjerat kasus pelecehan seksual sejak Oktober 2017. Puluhan perempuan mengaku telah menjadi korbannya termasuk para selebriti seperti Angelina Jolie dan Gwyneth Paltrow.

Mantan pemilik perusahaan film The Weinstein Company ini dilaporkan telah melakukan tindak asusila itu sejak dua dekade lalu. Meski telah divonis bersalah, Weinstein masih harus menghadapi empat tuduhan pelecehan seksual lain di Los Angeles.

[Gambas:Video CNN] (rea)