Steven Spielberg Batal Sutradarai Film Indiana Jones 5

tim, CNN Indonesia | Kamis, 27/02/2020 20:00 WIB
Steven Spielberg Batal Sutradarai Film Indiana Jones 5 Steven Spielberg mengundurkan diri dari kursi sutradara film Indiana Jones 5. (Foto: Mark RALSTON / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Steven Spielberg tak akan menyutradarai film Indiana Jones 5. Kursi sutradara dikabarkan akan diberikan kepada orang lain untuk pertama kalinya sejak 39 tahun lalu waralaba Indiana Jones dibuat.

Keputusan mundur dari posisi sutradara disebut diambil sepenuhnya oleh Spielberg sendiri. Berdasarkan sumber, keputusan tersebut diambil karena ia menginginkan generasi baru memberikan sudut pandang dan ide segar ke dalam cerita Indiana Jones 5.

2020 menjadi tahun yang sibuk bagi Spielberg. Ia sedang memasuki tahap pascaproduksi bagi film klasik musikal yang dibuat ulang, West Side Story. Namun, menyerahkan kursi sutradara dari salah satu waralaba yang membesarkan namanya tetap dianggap menjadi langkah mengejutkan.


Meski mundur dari jabatan sutradara, Spielberg dikabarkan akan tetap menjadi produser Indiana Jones 5. Ia disebut akan tetap menjadi bagian kontrol kreatif film tersebut.

Melansir Variety, posisi sutradara Indiana Jones kemungkinan besar diserahkan kepada James Mangold yang sebelumnya menyutradarai Ford v Ferrari. Namun, kabarnya hal tersebut belum resmi disepakati semua pihak.

Apabila Mangold resmi menyutradarai Indiana Jones 5, itu kali kedua sutradara kelahiran 16 Desember 1963 tersebut mengambil alih film. Sebelumnya, ia mengambil alih salah satu waralaba Wolverine, Logan (2017), yang membuatnya masuk nominasi Best Adapted Screenplay.

Sementara itu, George Lucas yang turut membuat Indiana Jones pada 1981 diperkirakan tak terlibat secara resmi dalam film kelima. Salah satu alasannya adalah karena ia telah pensiun.

Peralihan sutradara ini tak memengaruhi pemeran utama Indiana Jones 5. Film tersebut tetap akan dibintangi Harrison Ford yang telah berperan dalam waralaba Indiana Jones sejak tahun 1980-an. Pada awal Februari, ia mengatakan akan segera mulai syuting film Indiana Jones dalam dua bulan mendatang.

Namun, beberapa hari kemudian Indiana Jones 5 dikabarkan mengalami kendala jadwal dan naskah. Transisi sutradara semakin membuka kemungkinan penundaan waktu perilisan yang sebelumnya dijadwalkan pada 2021. Perwakilan Spielberg dan Disney enggan berkomentar mengenai hal tersebut.


[Gambas:Video CNN] (chri/rea)