Beberapa Bioskop di Daegu Ditutup untuk Cegah Corona

tim, CNN Indonesia | Jumat, 28/02/2020 20:52 WIB
Beberapa Bioskop di Daegu Ditutup untuk Cegah Corona Ilustrasi bioskop yang kosong. (Foto: Dok. Cinepolis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah bioskop di kawasan Daegu, Korea Selatan mulai ditutup sementara untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Hal itu dilakukan karena Daegu menjadi kawasan dengan korban terinfeksi paling banyak di Korsel.

Berdasarkan data Korea Centers for Disease Control and Prevention (KCDC) pada Jumat (28/2) pagi, setidaknya 1.314 warga Daegu terinfeksi virus corona. Sementara sekitar 2.337 warga Korea Selatan secara keseluruhan positif virus corona.

CJ CGV, jaringan bioskop terbesar di Korea Selatan, lewat laman resmi mengumumkan sembilan bioskop yang terletak di Daegu akan ditutup sementara hingga waktu yang belum ditentukan. Tiket yang telah dipesan sebelumnya akan otomatis dibatalkan.
Sebelumnya, industri perfilman Korea Selatan turut menunda penayangan beberapa film lokal seperti Time to Hunt, Innocence, Call dan The Wandering Chef yang seharusnya tayang pada awal April terpaksa ditunda.


Film thriller terbaru Song Ji-hyo, Intruder, yang seharusnya tayang pada 12 April ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Film terbaru dari Park So-dam (Fukuoka), Park Shin-hye (Call), hingga Parasite versi hitam-putih juga terpaksa ditunda.

Virus corona perlahan melumpuhkan industri bioskop Korea Selatan. Jika biasanya satu film bisa mendapatkan setidaknya 1 juta penonton pada pekan debut, kini satu film paling banyak hanya mendapatkan 438 ribu penonton, berdasarkan data Dewan Perfilman Korea.

Penyebaran virus corona yang secara masif terjadi di Daegu bermula dari sekte Shincheonji. Berawal dari seorang nenek yang terinfeksi, kini lebih dari 1.600 anggota sekte tersebut sedang dikarantina karena menunjukkan gejala positif terinfeksi.
Beberapa Bioskop di Daegu Ditutup demi Cegah CoronaPenyebaran masif virus corona memaksa bioskop-bioskop di Daegu, Korea Selatan, tutup sementara. (Chinatopix via AP)
Pemerintah Korea Selatan menyatakan telah memiliki semua nama anggota sekte Shincheonji atau sekitar 310 ribu orang. Beberapa orang yang tak memiliki gejala seperti demam tetap dalam pengawasan ketat pemerintah.

Sejumlah pekerja industri film Korea Selatan memberikan dukungan melalui donasi untuk membantu pemerintah mencegah penyebaran virus corona. Aktris Jun Ji-hyun memberikan 100 juta won atau sekitar Rp1,15 miliar. Langkah tersebut juga dilakukan Kim Soo-hyun, Lee Jong-suk, Yoona SNSD, Kim Woo-bin, Shin Min-ah, dan Park Shin-hye.

Sutradara Bong Joon-ho turut mendonasikan 100 juta won bagi para korban dan untuk pencegahan virus corona. Uang tersebut didonasikan atas nama Parasite.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)