FOTO: Penghujung Cerita Kota 12 Ribu Tahun di Turki

AFP PHOTO, CNN Indonesia | Selasa, 03/03/2020 17:09 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Kota berusia 12 ribu tahun di Turki, Hasankeyf, kini menghadapi akhir dari cerita, setiap hari kian tenggelam demi sebuah bendungan.

Sebuah kota yang berusia 12 ribu tahun di Turki, Hasankeyf, kini menghadapi akhir dari cerita. Kota tersebut setiap hari kian tenggelam akibat pembangunan sebuah bendungan. (BULENT KILIC / AFP)
Bendungan Ilisu Dam dibangun dekat kota tersebut membendung Sungai Tigris di tenggara Turki. Proyek itu telah disetujui oleh Pemerintah Turki pada 1997 demi menghidupkan listrik di kawasan tersebut. (BULENT KILIC / AFP)
Demi bendungan itu, hampir 80 ribu orang dari 199 desa mesti dipindah. Dam itu pun sempat diperingatkan oleh Irak yang khawatir akan dampak Sungai Tigris dibendung. (BULENT KILIC / AFP)
Setelah beberapa tahun tertunda, Dam itu mulai terisi air pada Juli lali. Level air dalam dan di sekitar Hasankeyf telah naik 15 meter dan terus naik 15 sentimeter setiap harinya. (BULENT KILIC / AFP)
Kini, setiap harinya banyak masyarakat ke tepi Sungai Tigris untuk melihat akhir cerita dari desa mereka, termasuk Hasankeyf yang sudah ditempati manusia selama 12 ribu tahun. (BULENT KILIC / AFP)
Kebanyakan penduduk telah pindah ke kota baru, Yeni Hasankeyf di bukit dekat lokasi lama yang nanti akan berada di tepi danau hasil bendungan tersebut. (BULENT KILIC / AFP)
Meski begitu, sejumlah bangunan bersejarah seperti makam besar, sebuah pemandian kuno Turki, sebuah masjid bersejarah lengkap dengan menaranya telah dipindah ke Yeni Hasankeyf. (BULENT KILIC / AFP)
Bukan hanya untuk mengisi pasokan listrik, bendungan tersebut nantinya akan diusulkan menjadi lokasi wisata perairan baru. (BULENT KILIC / AFP)