Parasite Pecahkan Rekor di Inggris dan Jepang

CNN Indonesia | Selasa, 10/03/2020 11:14 WIB
Parasite Pecahkan Rekor di Inggris dan Jepang Parasite sukses menjadi film berbahasa non-Inggris terlaris di Inggris Raya dan film Korea Selatan terlaku di Jepang. (Dok. CJ Entertainment via imdb)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kesuksesan film Parasite masih terus berlanjut. Film yang disutradarai Bong Joon-ho ini baru saja memecahkan rekor di Inggris dan Jepang.

Parasite memecahkan rekor sebagai film bahasa non-Inggris dengan pendapatan terbanyak di Inggris Raya. Sampai saat ini Parasite mendapat sebesar US$14,59 juta.

Pendapatan itu mengalahkan rekor yang dipegang oleh film The Passion of the Christ (2004) garapan Mel Gibson. Sampai akhir penayangan film itu mendapat US$14,56 juta.


Distributor resmi Prasite di Inggris, Curzon Artificial Eye, turut mendeklarasikan torehan Parasite. Hal itu mereka sampaikan lewat akun Twitter @ArtificialEye.



"Akhir pekan ini kami merayakan film Parasite garapan Bong Joon-ho menjadi film bahasa asing dengan pendapatan terbanyak dalam sejarah box office Inggris," tulis akun @ArtificialEye.

Parasite juga memecahkan rekor di Jepang sebagai film Korea Selatan dengan pendapatan tertinggi. Sampai saat ini Parasite mendapat US$39,6 juta di negara itu.

Melansir Aceshowbiz, pendapatan itu mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang film A Moment to Remember (2005). Kala itu A Moment to Remember berhasil meraup pendapatan sebesar US$29,4 juta.

Parasite merupakan film satire berbumbu thriller yang menunjukkan kesenjangan sosial dan ekonomi di beberapa keluarga.

Film tersebut menunjukkan usaha bertahan hidup masyarakat kurang mampu yang berubah menjadi tragedi dengan sedikit bumbu komedi.

Kemenangan internasional pertama diraih Parasite dalam Cannes Film Festival 2019. Film satire tersebut pertama kali ditayangkan di Cannes dan langsung mendapatkan penghargaan tertinggi, Palme d'Or.

Parasite juga menjadi Film Internasional Terbaik dalam Golden Globe 2020. Tak hanya itu, seluruh pemain film Parasite juga menjadi Pemain Terbaik (Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture) dalam Screen Actors Guild (SAG) Award.

Dalam Oscar 2020, Bong Joon-ho bersama tim Parasite membawa pulang empat piala, yaitu untuk kategori Film Terbaik (Best Picture), Best Director (Sutradara Terbaik), Naskah Orisinal Terbaik (Best Original Screenplay), dan Film Internasional Terbaik (Best International Feature). (adp/end)