Petinggi Cannes Optimistis Corona Membaik Jelang Festival

CNN Indonesia | Kamis, 12/03/2020 20:20 WIB
Petinggi Cannes Optimistis Corona Membaik Jelang Festival Ilustrasi. (AFP Photo/Valery Hache)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para petinggi Cannes Film Festival meyakini penyebaran virus corona akan membaik pada April, menjelang penyelenggaraan gelaran tersebut.

"Cukup optimistis dengan harapan puncaknya tercapai pada akhir Maret dan kita akan sedikit bernapas lebih baik pada April," kata Presiden Cannes Film Festival, Pierre Lescure.

Para petinggi Cannes Film Festival memang menyatakan bahwa mereka masih terus menyiapkan acara yang rencananya digelar pada 12-13 Mei tersebut.


Lescure mengatakan Cannes Film Festival baru akan dibatalkan apabila situasi terkait penyebaran virus corona tak kunjung membaik, bahkan memburuk pada April mendatang.

Cannes Film Festival bahkan menolak polis asuransi yang ditawarkan perusahaan Circle Group beberapa pekan lalu untuk melindungi acara tersebut jika berujung penundaan akibat virus corona.

"Hal itu ditawarkan sekitar 10 hari lalu, tapi sama sekali tidak proporsional. Mereka hanya menutupi sekitar US$2,3 juta (Rp33,4 miliar), padahal anggaran kami US$36 juta (Rp523 miliar). Kami jelas menolak proposal tersebut," kata Lescure seperti dilansir Ace Showbiz.

Meski tak dilindungi apabila terjadi pembatalan, Lescure memastikan Cannes Film Festival memiliki dana abadi yang bisa membuat mereka bertahan jika terpaksa ditunda atau batal.

[Gambas:Video CNN]

Berdasarkan data Kamis (12/3), Prancis kini berada di posisi lima dengan kasus infeksi virus corona terbanyak di dunia dengan 2.284 orang, di mana 48 orang meninggal dunia dan 12 orang sembuh.

Sebelumnya, sejumlah ajang film internasional sudah ditunda demi mencegah penyebaran virus corona, mulai dari Red Sea Film Festival (Arab Saudi), Beijing International Film Festival (China), hingga Far East Film Festival (Italia). (chri/has)