Corona, Skotlandia Ringankan Tarif Industri Musik 75 Persen

CNN Indonesia | Senin, 16/03/2020 17:46 WIB
Pemerintah Skotlandia meringankan tarif hingga 75 persen bagi tempat konser dan toko-toko musik untuk membantu menanggulangi kerugian akibat virus corona. Ilustrasi. (SplitShire)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Skotlandia meringankan tarif hingga 75 persen bagi tempat konser dan toko-toko musik kecil untuk membantu menanggulangi kerugian akibat virus corona.

NME melaporkan bahwa keringanan tarif ini mulai berlaku pada 1 April mendatang, setelah regulasi yang mengatur tentang paket bantuan dana dari pemerintah resmi diadopsi.

Saat ini, pemerintah Skotlandia sudah menyetujui paket bantuan senilai 320 juta pound sterling atau setara Rp5,8 triliun untuk menanggulangi kerugian di industri kecil di tengah wabah virus corona.


Dana tersebut sudah masuk dalam anggaran 2020-2021 yang disusun sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk membatasi dampak virus corona terhadap perekonomian Skotlandia secara keseluruhan.

Dengan dana tersebut, pemerintah juga memberikan bantuan serupa untuk sektor pariwisata dan hiburan lain yang punya omzet kurang dari 69 ribu pound sterling.

Sementara itu, pemerintah juga akan menggelontorkan 3 ribu pound sterling dari anggaran tersebut untuk sektor bisnis kecil yang diyakini terkena imbas paling buruk akibat virus corona.

Kelab malam yang bernilai kurang dari 100 ribu pound sterling, misalnya, akan diberi keringanan pajak hingga 5 ribu pound sterling mulai 1 April mendatang.

"Covid-19 akan membawa dampak besar bagi bisnis dan ekonomi dalam beberapa pekan atau bulan mendatang. Seiring anjuran kesehatan dan perjalanan belakangan ini, krusial bagi kami untuk mempertimbangkan analisis ekonomi terkini dan mendengarkan yang dikatakan komunitas bisnis," ujar Menteri Keuangan Skotlandia, Kate Forbes.

[Gambas:Video CNN]

Organisasi amal musik yang berbasis di Inggris, Music Venue Trust (MVT), menyambut baik keputusan pemerintah Skotlandia ini. Namun, mereka mendesak agar Skotlandia bisa memberikan keringanan 100 persen bagi industri musik kecil.

"Sementara kami menyambut baik keputusan Pemerintah Skotlandia, kami ingin membahas bahwa Grassroots Music Venues di Inggris akan didukung dengan keringanan 100 persen demi menciptakan keseimbangan pasar di waktu sulit ini. Awal yang baik, tapi masih banyak yang harus dilakukan," demikian pernyataan MVT.

Di akhir pernyataan yang diunggah melalui Facebook tersebut, MVT juga menyerukan agar pemerintah Wales dan Irlandia Utara untuk mengambil langkah serupa.

"WALES DAN IRLANDIA UTARA: Saatnya bertindak," tulis MVT. (has/has)