Corona, Pentas Monolog Happy Salma 'Inggit Garnasih' Ditunda

CNN Indonesia | Senin, 16/03/2020 21:00 WIB
Corona, Pentas Monolog Happy Salma 'Inggit Garnasih' Ditunda Pementasan teater musikal 'Inggit Ganarsih' yang bakal menampilkan monolog dari Happy Salma ditunda karena wabah virus corona Covid-19. (www.happy-salma.net)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pementasan teater musikal 'Inggit Ganarsih' yang bakal menampilkan monolog dari Happy Salma ditunda karena wabah virus corona Covid-19.

Keputusan ini disampaikan oleh Titimangsa Foundation sebagai pemrakarsa pementasan yang semula akan diselenggarakan pada 18 April 2020 di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta.

"Setelah merespon situasi yang berkembang dan juga mempertimbangkan berbagai kemungkinan, Titimangsa memutuskan untuk menunda pementasan Teater Musikal 'Inggit Garnasih," demikian tertulis dalam pernyataan yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (16/3).


Dalam pernyataan tersebut, pihak penyelenggara pun mengumumkan untuk mengubah jadwal pementasan menjadi 22 Agustus 2020 di Ciputra Artpreneur.

"Sastra pada hakikatnya lahir sebagai bentuk dari respons terhadap situasi. Titimangsa berupaya untuk memberikan yang terbaik dengan tidak hanya mengalihwahanakan karya sastra, tapi juga menerapkannya dalam kehidupan," lanjut pernyataan.

"Mari kita tetap tenang dan menjaga kesehatan diri juga orang-orang terdekat kita. Semoga kita semua ada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kasih." katanya.

Pementasan teater musikal bertajuk 'Inggit Garnasih' ini mengangkat kisah hidup seorang istri kedua dari Ir. Soekarno, Inggit Garnasih yang selama 20 tahun pernikahan telah setia mengantar Bung Karno menjadi pemimpin negeri.

Inggit Garnasih merupakan istri kedua Soekarno yang dipinang pada 1923 dan bercerai pada 1943. Kisah cinta keduanya ditulis menjadi sebuah roman yang disusun Ramadhan KH. Selepas dari Inggit, Soekarno kemudian meminang Fatmawati hingga 1956.

"Kami memutuskan untuk mementaskan kembali kisah tentang Inggit Garnasih ini, karena perjuangan Ibu Inggit masih sangat relevan dengan masa saat ini, di mana perempuan adalah pusat dari semesta rumah tangganya," kata Happy Salma yang juga bertindak sebagai Founder Titimangsa Foundation, beberapa waktu lalu.

"Perempuan yang harus merawat semangat suami dan orang-orang sekitarnya tapi juga pada saat bersamaan, harus meredakan badai dalam hati dan mengambil sikap untuk urusan pribadinya," lanjut Happy.

Pementasan Monolog Happy Salma dalam Teater Musikal 'Inggit Garnasih' ini juga didukung Marsha Timothy (Co-Produser), Wawan Sofwan (Sutradara), Ratna Ayu Budhiarti (Penulis Naskah), Dian HP (Komposer), Avip Priatna (Konduktor), Iskandar Loedin (Pimpinan Artistik dan Skenografer), Biyan & Tenun Baron (Busana), Ati Sriati (Solis), Yasashi I Evelyn P. (Solis), Quinara Rosinta (Solis), Batavia Madrigal Singers dan Jakarta Concert Orchestra. (agn/end)