Galang Dana, Cara Seleb Indonesia Bantu Lawan Corona

CNN Indonesia | Senin, 23/03/2020 12:51 WIB
Sejumlah pesohor dunia hiburan Indonesia aktif turun tangan untuk membantu menanggulangi wabah virus corona Covid-19. Ilustrasi petugas medis wabah corona. Sejumlah pesohor dunia hiburan Indonesia aktif turun tangan untuk membantu menanggulangi wabah virus corona Covid-19. (ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRA
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pesohor dunia hiburan Indonesia aktif turun tangan untuk membantu menanggulangi wabah virus corona Covid-19 yang terjadi. Beberapa di antaranya membuka galang dana yang hasilnya ditujukan untuk petugas kesehatan juga masyarakat yang kurang mampu.

Di antaranya Najwa Shihab bersama sejumlah musisi Indonesia yang melakukan galang dana lewat sebuah gelaran Konser Musik #diRumahAja pada 25-28 Maret mendatang.

"Ini adalah bagian dari rangkaian Konser Musik #dirumahaja mulai tgl 25-28 Maret 2020, suatu kolaborasi bersama untuk penggalangan dana membantu penanganan Corona," tulis Najwa dalam unggahan di Instagram.


"Sejumlah musisi di video ini akan live perform dari rumah masing-masing secara bergantian, sembari mengajak kamu untuk ikut berdonasi," lanjutnya. Sejauh ini, per Senin (23/3), galang dana itu sudah terkumpul sekitar Rp184 juta.

Unggahan itu sendiri berupa video dari sejumlah musisi yang bersahutan menyanyikan lagu Rumah Kita milik Godbless. Di antaranya terdapat Achmad Albar, Cholil 'Efek Rumah Kaca,' Raisa, Ariel 'Noah,' Tulus, Kaka 'Slank,' Armand Maulana, Ari Lasso, Dira Sugandi, Afgan, Yura Yunita, Andien, Lea Simanjuntak, Rossa, dan lainnya.

[Gambas:Instagram]

Sebelumnya, seleb media sosial Rachel Vennya yang telah membuka galang dana sejak pekan lalu dan hari ini telah mengumpulkan lebih dari Rp6,3 miliar.

Dalam penggalangan dana yang juga dilakukan lewat internet itu, Rachel mengatakan hendak menyalurkan bantuan untuk melindungi orang-orang di sektor kesehatan dan informal dari penanganan kasus Covid-19.

"Donasi di galang dana akan digunakan untuk menyediakan masker, hand sanitizer, sarung tangan plastik, dan alat perlindungan diri lainnya untuk tenaga kesehatan di Rumah Sakit rujukan COVID-19. Lalu menyediakan alat perlindungan diri untuk keluarga petugas kesehatan di RS rujukan COVID-19," tulis Rachel.

[Gambas:Instagram]

Selain Rachel, pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pun membuka galang dana lewat laman penggalangan dana di internet untuk melindungi tenaga medis dan masyarakat dari corona.

Galang dana yang dibuka sejak Kamis (19/3) kemarin, telah mengumpulkan sekitar Rp662 juta pada Senin pagi.

"Mari bergerak bersama! virus corona ini harus kita lawan bareng-bareng. Kita bisa ikut ngelawan virus ini dengan cara donasi buat beliin pakaian pelindung yang aman buat petugas kesehatan dan ngasih kebutuhan pokok buat masyarakat kecil kayak abang ojol. Jadi petugas kesehatannya gak tertular, abang ojolnya bisa istirahat di rumah. Yuk, donasi buat lawan corona," tulis Raffi dan Nagita di Instagram.

[Gambas:Instagram]

Ada pula Melanie Subono yang juga membuka bantuan yang hendak disalurkan ke Rumah Harapan untuk membeli keperluan sehari-hari dan kesehatan.



Mantan VJ Cathy Sharon pun turut membuka galang dana di laman penggalangan dana. Sejak membukanya pada dua hari silam, Cathy telah mengumpulkan donasi sebanyak Rp691 juta hingga Senin pagi. Penyalurannya pun tak jauh berbeda dengan yang lain, yakni untuk alat perlindungan diri para petugas kesehatan.

[Gambas:Instagram]

Pada Jumat (20/3) siang, YouTuber Atta Halilintar pun menyatakan akan mulai mendedikasikan penghasilan dari salurannya di YouTube untuk membantu melawan virus corona Covid 19. Namun, Atta tak merinci jumlah dan ke mana penghasilannya tersebut hendak disalurkan.

"Saya Atta Halilintar. Mulai hari ini aku mendedikasikan penghasilan YouTube-ku untuk para pejuang nafkah melawan virus corona Covid-19. Mungkin kita tidak bisa seperti mereka, tapi kita bisa membantu mereka!" kata Atta.

[Gambas:Instagram]

(agn/end)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK