Rihanna Sumbang Rp83 Miliar Buat Penanganan Corona

CNN Indonesia | Selasa, 24/03/2020 08:18 WIB
Rihanna Sumbang Rp83 Miliar Buat Penanganan Corona Rihanna menyumbang US$5 juta melalui organisasi nirlaba miliknya untuk membantu penanganan wabah corona di daerah-daerah terpinggirkan. (Angela Weiss / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bantuan dari Hollywood dalam menangani wabah virus corona Covid-19 terus bertambah. Kali ini, organisasi nirlaba milik penyanyi Rihanna, Clara Lionel Foundation, mendonasikan US$5 juta atau sekitar Rp83 miliar (US$1=Rp16.610) kepada food bank atau organisasi nirlaba pangan lokal.

Donasi tersebut ditujukan untuk memastikan ketersediaan makanan bagi para lanjut usia (lansia) serta masyarakat kurang mampu di tengah imbauan karantina serta Alat Pelindung Diri (APD) para tim medis di garda terdepan penanganan virus corona.

Selain itu, uang tersebut juga digunakan untuk mendistribusikan banyak alat bantuan pernapasan serta membangun juga untuk perawatan ruang ICU. Bantuan itu juga akan diserahkan ke beberapa kawasan seperti Haiti dan Malawi.


"Tidak ada yang lebih penting atau mendesak daripada melindungi serta mempersiapkan komunitas tersisihkan. Mereka yang paling terdampak dari pandemi ini," kata Direktur Eksekutif Yayasan Clara Lionel Justine Lucas.

Diberitakan Hollywood Reporter, Clara Lionel merupakan yayasan yang dibentuk Rihanna dengan mengambil nama kakek-neneknya. Yayasan ini menangani sektor kemanusiaan seperti memberikan bantuan langsung, ketersediaan makanan, kesehatan.

Mereka kali ini menjadi bagian Organisasi Solidaritas Covid-19 WHO untuk memerangi pandemi di Amerika Serikat, Karibia, serta Afrika.

[Gambas:Instagram]

Sebelumnya, artis Hollywood juga ramai berdonasi lewat food bank daerah masing-masing untuk membantu penanganan Covid-19, seperti Ryan Reynolds dan Black Lively menyumbangkan US$1 juta atau sekitar Rp15 miliar untuk dua organisasi bantuan kelaparan selama pandemi virus corona Covid-19.

Hal serupa juga dilakukan pasangan selebriti Ciara dan Russel Wilson yang menyumbangkan US$1 juta kepada Food Lifeline di Seattle. Mereka mendorong orang-orang yang mampu turut membantu bank pangan di kawasan masing-masing.

Pasangan artis lainnya, Steph dan Ayesha Curry, turut membantu mengatasi krisis global dengan menyumbang US$1 juta ke bank pangan di Oakland. Menurutnya, sumbangan itu bisa membantu sekitar 18 ribu murid yang selama ini bergantung pada makanan di sekolah setiap harinya.

Penyanyi Justin Timberlake juga berdonasi untuk kampung halamannya melalui Mid-South Food Bank di Memphis, Tennessee. Menurutnya, semua harus bersatu dalam mengatasi masa-masa ini. (chri/end)