Crash Landing on You-Kingdom, Serial Korea Netflix Terlaris

CNN Indonesia | Sabtu, 28/03/2020 16:02 WIB
Crash Landing on You-Kingdom, Serial Korea Netflix Terlaris Berdasarkan data Nielsen Korea, episode terakhir Crash Landing On You berhasil mendapatkan rating 21,6 persen. (dok. tvN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Netflix mengakui bahwa konten Korea yang sudah gencar mereka garap dalam tiga tahun terakhir cukup berhasil menarik minat pelanggan mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, Netflix berupaya memperkaya konten mereka dari Korea Selatan, mulai dari film tentang kartel narkoba dalam The Drug King, hingga serial tentang zombi, Kingdom.

Memang tidak semua konten tersebut banyak ditonton atau sukses. Namun menurut Vice President of Korean Content Netflix, Minyoung Kim, konten asal Korea Selatan mendominasi peringkat 10 besar di negara-negara Asia.


"Peringkat pertama ditempati Crash Landing On You (CLOY). Serial ini becerita tentang cinta," kata Minyoung dalam wawancara terbatas melalui telepon yang diikuti CNNIndonesia.com, baru-baru ini.

Serial ini mengisahkan cerita cinta antara pewaris takhta sekaligus pebisnis fashion ternama di Korea Selatan, Yun Se-ri (Son Ye-jin), dan tentara militer Korea Utara, Ri Jeong-hyeok (Hyun Bin).

Pada satu hari, Se-ri yang sedang melakukan paralayang mendadak tersapu badai angin dan mendapati dirinya terdampar di kawasan Korut. Di sanalah ia bertemu dengan Jeong-hyeok.


[Gambas:Youtube]

Perlahan tapi pasti serial ini banyak ditonton dan digandrungi pelanggan Netflix. Crash Landing on You sukses membuat penonton penasaran dan tidak sabar karena tayang secara berkala setiap pekan, tidak seperti serial lain yang tayang sekaligus.

Berdasarkan data Nielsen Korea, episode terakhir Crash Landing On You berhasil mendapatkan rating 21,6 persen. Angka itu juga mengalahkan rekor tertinggi yang sebelumnya dicatat oleh drama Goblin pada 2017 dengan 20,5 persen.

Ada banyak alasan mengapa serial yang populer di beberapa negara Asia ini sukses, mulai dari cerita yang matang, eksekusi yang tepat, ikatan emosi antar karakter yang kuat, sinematografi yang apik, hingga lagu latar yang menguatkan emosi di tiap momen.

Sutradara Lee Jung-hyo dan penulis Park Ji-eun mengajak penonton menyaksikan pertemuan awal Se-ri dan Kapten Ri yang epik, yaitu ketika Se-ri tersangkut di pohon di kawasan militer Korea Utara akibat badai saat paralayang.

Namun kisah itu sesungguhnya hanya puncak gunung es. Bak suratan takdir, kisah Crash Landing on You mengurai secara perlahan tali-tali keterikatan kedua karakter tersebut sebelum Se-ri 'mendarat' di pelukan Kapten Ri dari atas pohon.

"Cerita ini bisa disukai banyak orang karena merupakan kombinasi antara penulisan naskah yang kuat dengan aktor yang kuat dan cerita yang menarik," kata Minyoung.

[Gambas:Youtube]

Kemudian, peringkat kedua ditempati oleh serial Kingdom yang pada awal bulan Maret rilis musim kedua. Sama seperti musim pertama, musim kedua berisikan enam episode dengan durasi 40 menit sampai 50 menit.

Secara garis besar Kingdom bercerita tentang perebutan kekuasaan kerajaan di Korea Selatan. Berbagai macam cara dihalalkan dan berbagai strategi politik dilakukan untuk berkuasa.

Menariknya, perebutan kekuasaan ini diwarnai dengan virus yang bisa membuat manusia menjadi zombi. Sembari berebut kekuasaan, sejumlah pihak juga harus memikirkan cara bertahan hidup.

Cerita pada musim kedua lebih menarik karena penonton sudah memahami apa yang terjadi pada musim pertama. Unsur politik pada musim kedua lebih kentara sehingga menimbulkan rasa gemas dan penasaran.

Terlebih, hampir setiap episode musim kedua terdapat plot twist. Hal ini membuat penonton ketagihan untuk menonton Kingdom dan mencari tahu bagaimana akhir cerita serial bergenre horor ini.

"Dalam waktu kurang lebih satu pekan serial itu sudah ditonton jutaan orang di seluruh dunia. Khususnya Kingdom kuat di negara-negara Asia, termasuk Indonesia," kata Minyoung.

Minyoug menilai Crash Landing on You dan Kingdom bisa dijadikan contoh dua serial yang populer. Namun mereka berjanji berusaha untuk membuat konten Korea yang lebih baik di masa mendatang. (adp/end)