Harapan dan Doa Sineas di Hari Film Nasional 2020

CNN Indonesia | Senin, 30/03/2020 12:01 WIB
Sejumlah sineas mengucapkan selamat Hari Film Nasional dan berharap semua pihak bisa bertemu kembali di bioskop yang tutup karena wabah Covid-19. Sementara Mira Lesmana memilih mengunggah cuplikan film Petualangan Sherina sembari mengucapkan selamat Hari Film Nasional. (CNN Indonesia/Endro Prihedityo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah sineas film Indonesia menyambut perayaan Hari Film Nasional yang jatuh hari ini, Kamis (30/3), yang juga bertepatan dalam masa wabah virus corona Covid-19 yang memaksa semua orang menjaga jarak dan tetap di rumah.

Lewat unggahan di media sosial, para sineas ini menyampaikan harapan mereka terhadap industri film yang saat ini turut terkena dampak pandemi global tersebut, di antaranya terdapat sutradara Riri Riza, produser Mira Lesmana, Garin Nugroho, dan lainnya.

Sutradara Riri Riza mengenang peristiwa 70 tahun silam yakni 30 Maret 1950, hari pertama syuting film Darah dan Doa karya Usmar Ismail yang kemudian ditetapkan menjadi Hari Film Nasional.


"Saat itu situasi sulit karena revolusi baru saja usai, Indonesia baru kembali membangun," tulis sutradara film "Ada Apa dengan Cinta?" itu.

Dia pun kemudian merujuk pada situasi industri perfilman Indonesia saat ini yang turut terkena dampak dari pandemi global virus corona.

"Saat ini, kita semua, termasuk industri perfilman, kembali menghadapi masa sulit. Kami di Miles Films telah menunda dua produksi film kami sejak adanya himbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah karena wabah Covid 19," lanjutnya.

"Tentunya saat ini bersama-sama kita harus menghindari kerumunan dan menjaga jarak fisik," tambahnya seraya menambahkan bahwa persiapan produksi tetap berjalan.

"Selamat Hari Film Nasional. Semoga kita segera bertemu lagi di bioskop!"

[Gambas:Instagram]

Sementara Mira Lesmana memilih mengunggah cuplikan film Petualangan Sherina sembari mengajak pengikutnya untuk tetap di rumah selama masa pandemi global virus corona.

"Selamat Hari Film Nasional teman-teman semua. Mari tumbuhkan semangat melawan virus Corona dengan tetap #DiRumahAja dan tentunya berdoa agar semua segera berlalu dan kita bisa kembali ke Bioskop!" tulisnya pada keterangan unggahan di Instagram.

[Gambas:Instagram]

Sutradara Garin Nugroho menuliskan, "Selamat Hari film, dikenal awalnya sebagai Gambar Hidoep, ia akan menemani dan menghidupkan ruang hidup kita lewat beragam media dengan aliran gambar yang membawa inspirasi dan cara melihat hidup dalam beragam cara pandang, baik kenyataan, fiksi ataupun ekspresi pembuat film, tentang cinta, kepahlawanan, kemanusiaan, gugatan, renungan, karakter manusia hingga peristiwa tak tersentuh dalam hidup kita. Doa kebersamaan untuk mereka yang hidup dan menghidupi film."

[Gambas:Instagram]



Harapan yang sama pun disampaikan produser Lala Timothy lewat unggahan serangkaian foto bersama tim produksi di Instagram.

"Selamat Hari Film Nasional! After all this is over we will comeback stronger than ever," tulisnya.

[Gambas:Instagram]

Hari Film Nasional diperingati oleh insan perfilman Indonesia setiap 30 Maret karena pada tepatnya 30 Maret 1950 adalah hari pertama pengambilan gambar film Darah & Doa atau Long March of Siliwangi yang disutradarai oleh Usmar Ismail.

[Gambas:Instagram]


(agn/end)