Rasisme terhadap China saat Wabah Corona Diangkat Jadi Film

CNN Indonesia | Selasa, 31/03/2020 15:47 WIB
Rasisme serta diskriminasi terhadap warga negara China dan Asia lainnya di tengah pandemi Covid-19 diangkat menjadi sebuah film bertajuk Corona. Ilustrasi. (Chinatopix via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rasisme serta diskriminasi terhadap warga negara China dan Asia lainnya di tengah pandemi Covid-19 diangkat menjadi sebuah film bertajuk Corona.

"Ide itu datang ketika sedang di dalam lift membaca berita turis China diserang. Saya pikir saya akan membuat film di dalam lift," kata sang sutradara, Mostafa Keshvari.

Corona, ucap sutradara asal Kanada ini, akan menjadi film thriller dengan latar di dalam lift. Fokusnya adalah pandemi virus corona yang menjadi simbol eksplorasi ketakutan serta rasisme di antara para penghuni apartemen ketika terjebak di dalam lift.


Film itu mengisahkan enam orang yang terjebak di dalam lift pada awal krisis Covid-19. Mereka langsung mencurigai salah satu tetangga baru asal China, diperankan Traei Tsai, akan menyebarkan virus corona.

Keshvari mengatakan bahwa para pemain berimprovisasi demi mendapatkan realisme seperti menggarisbawahi ketakutan mereka terjebak bersama tetangga baru.

Ia mengatakan film tersebut dibuat sebelum virus corona dinyatakan sebagai pandemi. Film ini digunakan untuk menegaskan virus tak pernah membeda-bedakan korbannya.

"Itu dikenal sebagai virus China, tapi semua orang dapat terjangkit, jadi bukan hanya masalah satu ras. Sekarang, manusia harus bersatu untuk mengalahkan virus tersebut," tuturnya seperti dilansir The Hollywood Reporter.

Ia kemudian berkata, "Ketakutan atas kemungkinan kehilangan orang yang dicintai juga menambah unsur pembuatan film."

Corona akan menjadi film pertama yang mengangkat kisah Covid-19. Film ini dibintangi Emy Aneke, Zarina Sterling, Richard Lett, Andrea Stefancikova, Josh Blacker, dan Andy Canete.

Keshvari mengatakan film indie itu awalnya dibayangkan hanya tayang di festival-festival film. Namun, ia sekarang sedang mencari platform streaming yang pas untuk menjadi 'rumah' bagi film barunya.

[Gambas:Youtube]

(chri/has)