April Mop, Musisi Kim Jae-joong Bikin Isu Positif Corona

CNN Indonesia | Rabu, 01/04/2020 14:10 WIB
Musisi Kim Jae-joong dirinya telah positif terinfeksi virus corona Covid-19 dan kini sedang dirawat di rumah sakit yang ternyata untuk meningkatkan kesadaran. Musisi Kim Jae-joong mengabarkan dirinya telah positif terinfeksi virus corona Covid-19 dan kini sedang dirawat di rumah sakit. (AFP PHOTO / Starnews)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi Korea Selatan Kim Jae-joong mengabarkan dirinya telah positif terinfeksi virus corona Covid-19 dan kini sedang dirawat di rumah sakit. Namun hal tersebut dilakukan Kim Jae-joong demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan wabah itu.

"April Mop. dalam waktu singkat banyak orang khawatir," tulis Kim Jae-joong.

"Sungguh saya tidak berpikir artikel ini adalah lelucon April Mop. Keluargaku sakit dan temanku sekarat. Bukan untuk hal yang lain," tuturnya.


Dalam unggahan tersebut itu mengatakan sangat khawatir keluarga dan orang-orang terdekatnya akan terjangkit karena banyak orang yang secara bebas berlalu lalang di jalan tanpa perlengkapan apapun. Ia mengaku sedih melihat orang yang mengabaikan virus corona.

"Kesadaran diri saat ini. Mari mulai ukir hal itu dalam pikiran masing-masing," ucapnya.

[Gambas:Instagram]

"Memiliki seseorang yang kamu sayangi atau berharga terinfeksi virus menjadi hal yang menyedihkan. Namun, masih banyak orang yang berkeliaran di jalan seakan-akan tak terjadi sesuatu. Banyak orang yang khawatir keluarga dan orang yang mereka sayangi jatuh sakit karena orang seperti itu," tulis Kim Jae-hoong.

"Kamu salah jika berpikir dirimu dan orang-orang di sekitarmu bisa aman dengan melakukan hal tersebut. Banyak kenalan dan staf saya yang melihat orang terkasih positif virus corona. Ini bukan cerita dari jauh," tuturnya.

"Saya rasa kamu akan menangis karena sedih ketika tahu kecerobohan menjadi nyata. Mari kita tingkatkan kewaspadaan saat ini." ucap Jae-joong.

"Lelucon ini terlalu tidak terkendali untuk sebuah bercandaan April Mop. Tapi banyak yang mengkhawatirkan saya dalam waktu singkat," tulisnya.

"Saya hanya ingin memberi tahu semua orang bahwa lindungi dirimu sendiri menjadi solusi melindungi orang lain," ujarnya.

"Saya akan menerima segala hukuman untuk unggahan ini. Saya harap kalian semua sehat," Kim Jae-joong menegaskan.

Semula, Kim mengaku positif terinfeksi virus corona Covid-19 dan membuat heboh penggemarnya di media sosial. "Saya terinfeksi virus corona Covid-19," kata Kim Jae-joong dalam sebuah unggahan di akun Instagram miliknya yang keterangannya berganti tak lama kemudian, Rabu (1/4).

"Ini semua karena kecerobohan saya, karena mengabaikan saran yang diberikan oleh pemerintah dan semua orang di sekitar saya. Sungguh tak diduga betapa signifikan tindakan seseorang dapat mempengaruhi masyarakat yang lebih besar," lanjutnya.

Dalam keterangan itu, ia meminta maaf kepada semua orang yang mungkin juga tertular virus corona karena dirinya. Ia mengatakan telah melakukan hal bodoh karena berpikir tak akan terjangkit penyakit tersebut.

"Saya hanya meminta maaf kepada mereka yang mungkin juga terkena virus karena saya. Saya seperti ini karena keputusan bodoh saya, mengira bahwa saya tidak akan terinfeksi. Kini saya dirawat di rumah sakit," kata Kim Jae-joong.

"Saya berbalut perasaan terima kasih dan permintaan maaf sembari merenungkan tindakan saya. Ada banyak hal yang ingin saya katakan .. Saya ingin melihat begitu banyak orang .. " lanjutnya.

April Mop, Musisi Kim Jae-joong 'Ungkap' Positif Virus CoronaUnggahan Kim Jae-joong yang menyatakan dirinya positif corona Covid-19. (Screenshot dari Instagram @jj_1986_jj)

Sementara itu, diberitakan Allkpop, agensi yang menaungi anggota boyband JYJ tersebut, C-Jes Entertainment mengatakan segera memeriksa kondisi dari Kim Jae-joong begitu musisi itu mengunggah pernyataan menghebohkan itu. Tak lama kemudian, Kim pun mengganti pernyataannya.

Sebelumnya, Kim Jae-joong diketahui sempat mengisi acara musik di Jepang, NHK Utacon, pada 31 Maret.

Kim Jae-joong merupakan salah satu artis yang tunda menggelar konser di Indonesia demi menekan penyebaran virus corona. Awalnya, ia dijadwalkan menyapa fan Indonesia pada 7 Maret di Istora Senayan.

Namun, melalui akun resmi Instagram iMe Indonesia selaku promotor memberi tahu penggemar bahwa konser harus ditunda. Mereka menyatakan jadwal konser Kim Jae-joong diundur sampai 2 Mei 2020 pukul 20:00 di Tennis Indoor Senayan.

Menurut data WHO, Rabu (1/4), terdapat 859.770 kasus Covid-19 di dunia dengan 42.340 meninggal dunia dan 178.335 dinyatakan pulih.

Di Korea Selatan sendiri, tercatat ada 9.887 kasus positif dengan 165 meninggal dunia dan 5.567 dinyatakan pulih. Per Rabu (1/4), terdapat 101 kasus Covid-19 baru dilaporkan di Korea Selatan.

Catatan redaksi: Judul dan isi berita dikoreksi pada Rabu (1/4) pukul 14.00 WIB karena Kim Jae Joong meralat pernyataannya telah terinfeksi corona. (chri/end)