Promotor AS Sumbang Rp167 M untuk Kru Konser Terdampak Corona

CNN Indonesia | Rabu, 01/04/2020 18:40 WIB
Promotor musik AS, Live Nation, menyiapkan dana setara Rp167,2 miliar untuk kru konser yang kehilangan sumber pendapatan di tengah wabah virus corona. Ilustrasi. (Unsplash/Desi Mendoza)
Jakarta, CNN Indonesia -- Promotor musik Amerika Serikat, Live Nation, menyiapkan dana US$10 juta atau setara Rp167,2 miliar untuk kru konser yang kehilangan sumber pendapatan di tengah wabah virus corona.

The Hollywood Reporter melaporkan bahwa Live Nation akan menyalurkan bantuan ini dengan dua cara. Pertama, menyalurkan US$5 juta langsung ke yayasan gagasan mereka, Crew Nation. Kedua, menggalang dana dari artis, penggemar, dan karyawan.

CEO Live Nation, Michael Rapino, lantas mengajak publik untuk ikut menyumbang melalui akun PayPal. Tak hanya itu, Live Nation juga memproduksi pernak-pernik khusus yang hasil penjualannya bakal dimasukkan ke Crew Nation.


"Konser tak akan mungkin terlaksana tanpa kru yang bekerja di balik layar. Untuk membantu kru musik selama konser ditunda, LiveNation memberikan US$10 juta untuk #CrewNation," ujar Rapino melalui Instagram.

Melalui pernyataan ini, Rapino sendiri mengumumkan bahwa ia pribadi menyumbang US$250 ribu atau setara Rp4,1 miliar untuk Crew Nation.

[Gambas:Instagram]

Mereka baru akan menyambangi para kru konser di seluruh dunia mulai pekan depan. Live Nation akan memilih penerima sumbangan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Live Nation merinci bahwa sumbangan itu akan disalurkan untuk staf balik panggung yang membantu mewujudkan sebuah konser, mulai dari manajer tur, penata suara, teknisi, pengarah tata cahaya, hingga tim efek.

"Anggota kru merupakan tulang punggung industri penampilan musik dan kami harap kalian bergabung dengan kami untuk mendukung mereka melalui intermisi sementara ini hingga kita dapat berkumpul lagi dalam nama musik," demikian pernyataan Live Nation. (has/has)