5 Drama Korea Terpopuler Sepanjang Masa

CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2020 07:46 WIB
Sejumlah drama Korea terpopuler sepanjang masa tersedia di berbagai platform yang bisa menemani kala mengisolasi diri di rumah. Sejumlah drama Korea terpopuler sepanjang masa tersedia di berbagai platform yang bisa menemani kala mengisolasi diri di rumah, termasuk Crash Landing on You. (Dok. tvN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah drama Korea terpopuler sepanjang masa tersedia di berbagai platform yang bisa menemani kala mengisolasi diri di rumah.

Berikut drama Korea terbaik sepanjang masa, diurutkan berdasarkan rating rata-rata nasional Korea Selatan versi Nielsen Korea.

5. Crash Landing on You (12,2 persen)


Crash Landing On You menjadi salah satu drama Korea terpopuler awal 2020 karena cerita berlatar di Korea Utara dan Korea Selatan yang diketahui bersitegang.

Ceritanya menggambarkan kisah cinta Yoon Se-ri (Son Ye-jin), pebisnis dan anak konglomerat Korea Selatan, dengan Kapten Ri Jeong-hyeok, prajurit dan anak petinggi militer Korea Utara.

Kisah mereka dimulai ketika Yoon Se-ri tak sengaja tersangkut di pohon kawasan militer Korea Utara akibat cuaca buruk saat paralayang. Sinopsis Crash Landing On You bisa dibaca di sini.

Hubungan Yoon Se-ri dan Kapten Ri menarik ditonton berkat kerja sama apik antara sutradara Lee Jung-hyo dan penulis Park Ji-eun. Dua nama tersebut sudah melanglang buana di industri drama Korea lebih dari dua dekade.

Terdiri dari 16 episode, Crash Landing on You dapat ditonton di Netflix.

[Gambas:Youtube]

4. Reply 1988 (12,4 persen)

Reply 1988 tidak memiliki unsur balas dendam, berbelit-belit, atau roman melodrama yang menjadi ciri banyak drama Korea lainnya.

Drama ini hanya menceritakan kisah orang-orang biasa yang tinggal di lingkungan sama, menunjukkan peristiwa realistis seputar persahabatan, cinta, dan keluarga dari lima karakter utama.

Selama tayang pada akhir 2015 hingga awal 2016, Reply 1988 sempat menjadi sorotan utama dengan memecahkan rekor episode terakhirnya mencapai rating 18,8 persen.

Dalam drama ini, Lee Hye-ri berperan sebagai remaja yang suka main, sementara Park Bo-gum menjadi pemain go profesional.

Serial ini meraih setidaknya 8 nominasi dan memenangkan piala Sutradara Terbaik serta Aktor Baru Terbaik di Baeksang Arts Awards ke-52.

Terdiri dari 20 episode, Reply 1988 bisa disaksikan di Netflix dan VIU.

[Gambas:Youtube]

3. Sky Castle (12,5 persen)

Sky Castle disebut menjadi drama Korea yang tak disangka menjadi hit besar. Saat awal disiarkan, drama ini terbilang mendapat rating buruk, yakni 1,7 persen. Namun, angka itu kemudian melonjak tajam saat episode final menjadi 23,8 persen.

Serial ini berfokus pada sekelompok keluarga kaya (Yum Jung-ah). Meski hidup di lingkungan eksklusif dan kaya, mereka merasakan keputusasaan untuk mengirim anak-anak mereka ke sekolah kedokteran terbaik di Korea Selatan.

Sky Castle membahas masalah yang sangat serius dalam masyarakat Korea - pendidikan yang terlalu kompetitif dan obsesi keluarga elite untuk mendorong anak-anak mereka belajar di universitas paling bergengsi.

Terdiri dari 20 episode, Sky Castle dapat disaksikan di Netflix, iflix, dan VIU.

2. Goblin (12,9 persen)

Goblin adalah serial hit global yang mendapat pujian kritis dan menjadi fenomena budaya di Korea Selatan. Dibintangi oleh Gong Yoo dan Kim Go-eun, seri ini punya kisah segar dan unik yang dirajut dengan indah di setiap episodenya.

Cerita drama ini berfokus pada seorang goblin, makhluk supranatural yang berusaha mengakhiri kehidupan terkutuknya. Hanya mempelai perempuan yang bisa menghentikan keabadiannya itu.

Serial ini mencatat rating puncak 18,7 persen. Penulis Goblin, Kim Eun-sook, pun meraih Grand Prize di Baeksang Arts Awards ke-53 berkat drama ini, sementara Gong Yoo membawa pulang penghargaan Aktor Terbaik.

Terdiri dari 16 episode, Goblin dapat disaksikan di Netflix, iflix, dan VIU.

[Gambas:Youtube]

1. Mr. Sunshine (13 persen)

Mr. Sunshine diarahkan dan ditulis oleh pasangan sutradara-penulis yang juga menghasilkan drama Korea hit Goblin dan seri terestrial Descendants of the Sun.

Drama ini berpusat pada kisah seorang pria (Lee Byung-hun) yang dibawa ke AS kala masih kecil dan kembali ke rumah sebagai perwira Korps Marinir Amerika, saat pasukan asing mengancam akan menjajah tanah itu.

Setelah kembali ke Joseon, ia bertemu seorang perempuan bangsawan (Kim Tae-ri) dan jatuh cinta padanya.

Drama ini dipuji karena plot kaya sejarah dan karakter perempuan yang kuat. Seri ini menuai pujian dan ulasan positif dari para kritikus dan pemirsa awam.

Mr. Sunshine mencapai rating puncak 18,1 persen dan menjadi drama top Korea pada 2018, mengalahkan 70 judul lainnya.

Terdiri dari 24 episode, Mr. Sunshine dapat disaksikan di Netflix.

[Gambas:Youtube]

(agn/has)