Elton John Galang Rp16,3 M untuk Penderita HIV saat Corona

CNN Indonesia | Senin, 06/04/2020 14:50 WIB
Musisi Elton John, menggalang dana darurat setara Rp16,3 miliar untuk melindungi pengidap HIV selama wabah virus corona. Musisi Elton John, menggalang dana darurat setara Rp16,3 miliar untuk melindungi pengidap HIV selama wabah virus corona. (Lewis Joly/Pool/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi legendaris asal Inggris, Elton John, menggalang dana darurat US$1 juta atau setara Rp16,3 miliar untuk melindungi pengidap HIV selama wabah virus corona.

Melalui sebuah video di Twitter pada akhir pekan lalu, John mengumumkan bahwa penggalangan dana tersebut sudah dimulai di situs resmi organisasi non-profit gagasannya, Elton John Aids Foundation (EJAF).

"Hari ini, dengan bangga saya mengumumkan bahwa yayasan saya, @EJAF, meluncurkan penggalangan dana darurat COVID-19 senilai $1 juta untuk memastikan rekan garda depan dapat merespons dampak COVID-19 pada penderita HIV yang kerap dimarjinalkan di komunitas seluruh dunia," ujar John.




John kemudian menjabarkan bahwa dana terhimpun nantinya akan digunakan untuk mendistribusikan obat-obatan, alat tes, hingga perawatan pencegahan yang belakangan mulai sulit didapatkan.

"Kita harus menjaga momentum ini atau hasilnya bisa lebih parah bagi pengidap HIV dan penyakit menular lainnya. Kami bersama kalian. Kami memikirkan kalian. Kami tidak akan meninggalkan siapapun," ucap John.

Tak hanya menggalang dana, sebelumnya John juga ikut serta dalam kampanye video selebritas untuk mengucapkan terima kasih kepada pekerja medis yang berada di garda depan dalam penanganan virus corona.

Selain John, kampanye tersebut juga didukung oleh sederet selebritas, seperti Paul McCartney, Stormzy, Daniel Craig, David Beckham, Kylie Minogue, dan Phoebe Waller-Bridge.

Sejak merebak pada Desember lalu, wabah virus corona memang belum reda. Hingga Minggu (5/4), virus tersebut sudah menginfeksi 1.204.246 orang secara global, 64.806 di antaranya meninggal dunia, sementara 247.340 lainnya sembuh. (has/has)

[Gambas:Video CNN]