Aktris Shirley Douglas Meninggal Dunia karena Pneumonia

CNN Indonesia | Senin, 06/04/2020 12:54 WIB
Aktris lawas Shirley Douglas yang pernah bermain dalam film kontroversial Lolita (1962) meninggal dunia karena pneumonia, tak terkait Covid-19. Aktris lawas Shirley Douglas (tengah) yang pernah bermain dalam film kontroversial Lolita (1962) meninggal dunia karena pneumonia, tak terkait Covid-19. (AP/Galit Rodan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktris Shirley Douglas meninggal dunia di usia 86 tahun, Minggu (5/4) pagi. Kabar duka ini disampaikan oleh putranya, Kiefer Sutherland lewat Twitter dan mengatakan bahwa sang ibu meninggal dunia karena komplikasi dari pneumonia.

Dia menyatakan bahwa kematian sang ibu tidak terkait dengan virus corona Covid-19. "Ibuku adalah seorang wanita luar biasa yang menjalani kehidupan luar biasa," tulis Sutherland dalam pernyataan.

"Sayangnya, dia telah berjuang untuk kesehatannya selama beberapa waktu dan kami, sebagai sebuah keluarga, tahu hari ini akan tiba," lanjutnya.


Selain menyampaikan kabar duka soal ibunya, Sutherland juga mengucapkan turut berduka cita kepada keluarga yang kehilangan anggota tercinta karena terinfeksi corona.

"Kepada keluarga yang kehilangan orang yang dicintai secara tak terduga karena virus corona, hatiku juga hancur untukmu. Mohon tetap berhati-hati," tambahnya.

Douglas membintangi banyak film selama kariernya, termasuk film kontroversial Lolita yang disutradarai Stanley Kubrick pada 1962 dan yang disutradarai David Cronenberg, Dead Ringers pada 1988.

Di layar kaca, ia terkenal berkat perannya sebagai Professor Dunwoody di Degrassi: The Next Generation.

Semasa hidupnya, selain aktif di dunia hiburan, Douglas pun dikenal berdedikasi mendukung perawatan kesehatan masyarakat, hak-hak sipil, serta memerangi rasisme dan memberdayakan orang kulit hitam di Amerika Serikat.

Mengutip Entertainment Tonight, aktris asal Kanada ini menikahi Donald Sutherland pada 1965. Mereka memiliki dua anak kembar, Kiefer dan Rachel, sebelum bercerai pada 1971. Douglas juga ibu dari seorang putra, Thomas, dari pernikahan sebelumnya.

(agn/end)