Menjaga Dunia, Lagu Soal Jaga Jarak Fisik dari 13 Musisi

CNN Indonesia | Selasa, 07/04/2020 15:45 WIB
Menjaga Dunia, Lagu Soal Jaga Jarak Fisik dari 13 Musisi Ilustrasi. (Pixabay/Kimera)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 13 musisi, mulai dari Lala Karmela hingga Titi DJ, berkolaborasi menyanyikan lagu bertajuk Menjaga Dunia yang berisi pesan soal jaga jarak fisik demi mencegah penyebaran virus corona.

Ditulis dan diproduseri oleh Ade Nurlianto, lagu Menjaga Dunia itu dirilis secara digital melalui YouTube pada Senin (6/4).

Saat konferensi pers virtual, Ade menjelaskan bahwa penggarapan lagu tersebut memakan waktu kurang lebih satu pekan.


"Menulis lirik pertama kali itu hari Kamis pekan lalu, kemudian hari Sabtu kemarin selesai. Setiap hari ada sekitar tiga musisi yang kirim (rekaman vokal)," kata Ade, Senin (6/4).

[Gambas:Youtube]

Ade memilih musisi dengan bantuan Music Director Jak FM, Ilham Fahrie Utama. Mereka akhirnya memilih Ryan (d'Masiv), Claudia Emmanuela, Ifan (Govinda), Anji, Judika, Titi DJ, Lala Karmela, Vidi Aldiano, Pamungkas, Rizky Febian, Cita Citata, Ilham (HIVI!), dan Neida (HIVI!).

Proses rekaman vokal dilakukan masing-masing musisi di rumah. Sebelum rekaman, Ade hanya mengirimkan musik latar sebagai panduan untuk bernyanyi.

"Mixing secara online. Ada salah satu website yang bisa memperdengarkan rekaman dari orang lain di tempat berbeda secara real time. Gara-gara Covid jadi tahu," kata Ade.

Dalam konferensi pers yang sama, Titi DJ sebagai salah satu musisi yang ikut bernyanyi menjelaskan proses rekaman di rumah. Ia meminta bantuan anaknya sebagai operator studio di rumahnya.

"Saya merasakan pengalaman baru. Saya sudah lama di industri musik, tapi ada hal baru yang harus saya pelajari. Saya gaptek. Mau enggak mau, saya belajar untuk mengerti teknologi," kata Titi.

Hal serupa diungkapkan Anji yang juga menjadi salah satu kolaborator. Sepanjang karier bermusik, ia baru pertama kali menggarap lagu tanpa rekaman tatap muka.

"Gue rasa buat semua pelaku industri musik, banyak hal baru yang perlu dipelajari. Seperti proses Menjaga Dunia, seru prosesnya di rumah," kata Anji.

Ade menjelaskan bahwa ia ingin membuat lagu tentang kondisi saat ini yang berisikan pesan cinta. Secara tidak langsung, dalam lagu ini ada pesan untuk menjaga jarak dulu agar semua cepat membaik.

Pesan itu tertuang dalam bagian reff yang berbunyi:

Kita harus menjaga jarak
Bukan karna tak saling sayang
Ini peduli
Maka aku pun menjauh

Kita masih bisa bicara
Kita masih bisa bercinta
dan berdoa
Kita semua sembuhkan dunia (adp/has)

[Gambas:Video CNN]