Sarung Tangan Michael Jackson Dilelang, Laku Rp1,6 M

tim, CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 01:28 WIB
Sarung Tangan Michael Jackson Dilelang, Laku Rp1,6 M Barang-barang pribadi peninggalan Michael Jackson menjadi incaran kolektor. (Foto: BERTRAND GUAY / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sarung tangan ikonik yang populer dikenakan Michael Jackson dilelang. Dalam pelelangan itu, sarung tangan warna putih yang dipenuhi kilauan kristal buatan itu laku seharga 85 ribu euro atau setara Rp1,6 miliar.

Sarung tangan itu menjadi properti penting dari penampilan panggung MJ, yang mengenakannya kala menjalani The Bad Tour. Biasanya, ia melengkapi dengan kostum hitam dan emas.

NME menyebut, sarung tangan dibeli oleh seseorang yang tak mau disebutkan namanya di Texas. Bersama dengan sarung tangan, si pembeli juga menerima surat yang mengonfirmasi bahwa aksesoris itu pertama kali disumbangkan ke Unicef pada 1998, bersama selembar amplop yang dikeluarkan perusahaan keluarga MJJ.


Sebuah cerita turun temurun mengatakan MJ pernah berkomentar tentang sarung tangan itu, "Saya rasa [memakai] satu sarung tangan itu keren. Memakai dua jadi terlihat biasa."

Sekalipun Michael Jackson sudah meninggal dunia selama 10 tahun lebih, ia tetap tercatat sebagai musisi berpenghasilan tertinggi versi Forbes 2019. Tahun lalu, ia menghasilkan sekitar Rp832,8 miliar.

MJ bahkan tujuh kali berturut-turut dinobatkan sebagai artis yang telah meninggal terkaya. Kekayaan itu disebut dihasilkan dari katalog Mijac Music, prtunjukan di Las Vegas, dan kontrak jangka panjang dengan Sony.

Kontroversi memang selalu menyertai kehidupan MJ, termasuk setelah ia meninggal pada 2009 silam. Setelah dokumenter Leaving Neverland yang berkepanjangan dan berakibat tindakan boikot pemutaran lagu di sejumlah radio, kini publik membicarakan bagaimana MJ pernah memelihara buaya.

Topik ini muncul setelah serial dokumenter Netflix, Tiger King: Murder, Mayhem, and Madness menayangkan episode tentang pemilik harimau yang ditangkap atas tuduhan pembunuhan berencana. Tayangan tersebut memicu ingatan bahwa MJ pernah menjadi pemilik tujuh aligator dan seekor buaya, yang semuanya tewas dalam kebakaran kebun binatang.

Saat ini sebuah show Broadway yang menceritakan kehidupan MJ sedang dibuat. Serangkaian audisi telah digelar di beberapa kota pada awal tahun, tetapi kini belum ada detail lebih lanjut. (rea)

[Gambas:Video CNN]