Trio Lestari, Area 'Bermain' Glenn Fredly

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2020 13:54 WIB
Trio Lestari, Area 'Bermain' Glenn Fredly Glenn Fredly kala bersama dua personel Trio Lestari lainnya, Sandhy Sondoro dan Tompi. (Foto: Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia -- Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4), karena meningitis. Pria ini bukan sekadar solois yang mahir menyanyikan lirik romantis. Ia juga mengungkapkan kegelisahan dan pandangan tentang kondisi sosial politik negara lewat musik. Untuk urusan yang terakhir, Glenn memilih membentuk Trio Lestari bersama Tompi dan Sandhy Sondoro.

Menjadi bagian dari sebuah grup bukan hal baru bagi Glenn. Ia pertama kali dikenal sebagai vokalis band Funk Section yang merilis album pada 1995. Baik Glenn, Tompi, maupun Shandy sepakat bahwa Trio Lestari adalah sarana untuk mengungkap kepedulian tentang sekitar.

Secara umum, grup vokal ini disebut membawakan pop dan jazz. Namun pada kenyataannya, ketiga personel kerap berimprovisasi dalam penampilan panggung Trio Lestari, mengundang gelak tawa penonton.


Tampaknya, pertemanan antar personel menghasilkan hubungan yang begitu nyaman dan baik, sehingga Trio Lestari kerap diundang di acara-acara off air, dan akhirnya sempat memiliki acara bincang-bincang bertajuk Live With Trio Lestari.

Bersama Tompi dan Sandhy, Glenn merilis album bertitel Wangi pada 2014. Nama yang sama lantas disematkan sebagai sebutan untuk penggemar Trio Lestari. Dalam album ini, mereka banyak bereksperimen, bahkan memasukkan sentuhan elektronik lewat dua lagu remix, Sakitnya di Sini dan Gelora Cintaku.
Trio Lestari, Area 'Bermain' Glenn FredlyGlenn Fredly dalam salah satu penampilan panggung Trio Lestari. (Foto: Vega Probo)
Album itu cukup mencuri perhatian. Selain konsep trio vokal yang tak lazim di Indonesia, juga nama-nama yang berada di belakangnya. Album Wangi menjadi nominasi Song of the Year, Album of the Year, serta Band/Group/Duo of the Year di ajang penghargaan musik salah satu stasiun televisi lokal.

Kemudian, Trio Lestari merilis single bertajuk Takdir Itu Kamu (2018), dan terlibat dalam single Ricky Lionardi bersama Budapest Scoring Jazz Orchestra untuk lagu Tinggal Bilang (2019).

Lama tak terdengar kiprah bersama, Trio Lestari sebenarnya sedang menggodok konsep baru. Glenn sendiri sempat membantah kabar perpecahan grup setelah ia beberapa kali tampil hanya berdua bersama Tompi.

[Gambas:Youtube]

Pada Januari lalu, Tompi mengatakan Trio Lestari siap comeback pada 2020. Rencananya, mereka akan menggarap proyek baru, yakni lagu anak-anak.

"Tahun ini kita (Trio Lestari) lagi garap lagu baru ya, lagu anak-anak. Ditunggu aja nanti di tahun ini," kata Tompi saat itu, melansir Antara.

Ketika wabah Covid-19 melanda Indonesia, Trio Lestari tak tinggal diam. Glenn, Tompi, dan Sandhy serta dalam konser Solidaritas Lawan Corona, 28 Maret lalu. Sejak lama, Glenn memang dikenal peduli terhadap kondisi sosial politik.

Dalam kapasitas sebagai penyanyi, ia kerap menunjukkan pandangan pribadi tentang politik dan kemanusiaan, misalnya lewat unggahan di Instagram tentang Presiden Joko Widodo, atau menyuarakan agar pemerintah lebih peduli terhadap nasib musisi dan pekerja musik.

Kini, dengan kepergian Glenn dari Trio Lestari, Tompi dan Sandhy harus berjuang berdua melestarikan grup mereka. (rea)

[Gambas:Video CNN]