5 Lagu Cinta Glenn Fredly yang Romantis

tim, CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 22:18 WIB
Semasa hidupnya, Glenn Fredly dikenal punya lagu-lagu cinta nan romantis yang masih melekat sampai saat ini. Semasa hidupnya, Glenn Fredly dikenal punya lagu-lagu cinta nan romantis yang masih melekat sampai saat ini. (Detikcom/Rifkianto Nugroho/detikHOT)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi Glenn Fredly  meninggal dunia pada Rabu (8/4) sore. Sejumlah musisi dalam negeri pun mengungkapkan kesedihannya di media sosial.

Pria bernama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo ini memulai karier bermusiknya sebagai vokalis band Funk Section pada 1995. Kini, sepanjang karir penyanyi berdarah Ambon ini dikenal dengan sejumlah lagunya yang mendayu-dayu dan juga romantis, serta tak jarang membuat galau pendengarnya.

Berikut beberapa lagu populer Glenn Fredly yang masih melekat di hati banyak orang.


Kasih Putih

Kasih putih dirilis penyanyi kelahiran Ambon ini pada 2000 melalui album keduanya yang bertajuk kem bali. Ia pun memilih untuk menjadikan Kasih Putih sebagai lagu utama di album tersebut.

Sudah berlalu 20 tahun pun, lagu kasih putih masih sering dibawakan oleh Glenn saat melakukan pertunjukan off air di sejumlah pentas seni. Jelas saja, lagu dengan lirik yang puitis dan dibawakan dengan suara Glenn yang khas menjadikan lagu ini populer sejak masanya.

 
Januari

Lagu ini dirilis Glenn pada 2003 bersama dengan labelnya, Sony Music dalam album Selamat Pagi, Dunia! Album ini rilis Glenn satu tahun usai dirinya berduet dengan Audy dalam lagu Terpesona.

Lagu ini disebut-sebut telah melampaui kepopuleran Kasih Putih yang kerap kali menjadi salah satu lagu andalan penyanyi ini sejak dirilis pada 2000.

Secara garis besar, Januari menceritakan kegelisahan seorang lelaki yang kisah cintanya berakhir pada bulan tersebut. Melalui lirik-lirik melankolisnya, Glenn mengisahkan keadaan cinta sejati yang tidak saling berpihak satu dengan yang lain.

Sedih tak Berujung

Satu tahun usai lagu Januari populer di Indonesia. Glenn merilis ulang album Selamat Pagi, Dunia! yang menaungi lagu tersebut pada 2004.

Dalam album versi repackage itu, sejumlah lagu ditambahkan oleh Glenn Fredly yang salah satunya adalah "Sedih tak Berujung". Lagu yang menggambarkan kesedihan seorang pria karena ditinggal pergi oleh kekasihnya membuat Glenn "menjerit" melalui liriknya.

"Kini ku kan berhenti berharap," ucap Glenn melalui lirik lagu tersebut.

Ternyata, dalam video clip lagu tersebut, disiratkan sebuah adegan yang memperlihatkan mantan kekasih Glenn itu memilih gaun pengantin.


Akhir Cerita Cinta

Masih di album versi repackage yang sama, Glenn pun menambahkan lagu "Akhir Cerita Cinta" dalam album Selamat Pagi, Dunia! itu pada 2004.

Lagu ciptaan dirinya sendiri itu seolah menjadi luapan perasaan seseorang ketika ditinggal putus oleh kekasihnya. Hal itu pun tergambar jelas dari judul lagu yang menceritakan berakhirnya perjalan cinta antar dua individu.

Melalui liriknya, "Kini harus aku lewati sepi hariku, tanpa dirimu lagi," menjadi gambaran kehidupan Glenn usai kisah cintanya kandas. Lagu ini pun sukses mendongkrak penjualan album ketiganya itu.

Video clip yang dipublikasikan pada 2009 menggambarkan jelas perjuangan Glenn yang seringkali mendatangi rumah mantan kekasihnya yang sudah bersama dengan orang lain. Kemudian diakhiri dengan adegan Glenn yang meninggalkan kekasihnya usai bersua beberapa saat.

Malaikat Juga Tahu

Lagu ini bukan lagu asli milik Glenn Fredly, namun pada 2013 dirinya mengaransemen ulang lagu Malaikat Juga Tahu yang sebelumnya telah dipopulerkan oleh Dewi Lestari.

Melalui aransemen sederhana dengan iringan piano itu menjadi soundtrack dari film Rectoverso kala itu. Dalam sejumlah kesempatan pun, Dewi yang juga merupakan novelis itu kerap kali mengapresiasi pembawaan Glenn dalam lagunya itu.

"Saya rasa, saya nggak tahu apa itu sengaja. Yang menonjol kekuatan vokal, piano, dan kualitas vokal Glenn, dengan tidak banyak instrumen, kita jadi lebih mendalami lirik Malaikat Juga Tahu," tutur Dee, panggilan akrabnya dalam acara gala premiere film Rectoverso 2013 silam. 

(mjo/chs)

[Gambas:Video CNN]