Ruth Sahanaya Lemas Dengar Kabar Glenn Fredly Meninggal

CNN Indonesia | Rabu, 08/04/2020 21:59 WIB
Ruth Sahanaya adalah musisi yang dekat dengan Glenn Fredly, musisi Ambon itu mengaku adalah penggemar berat Uthe. Ruth Sahanaya adalah musisi yang dekat dengan Glenn Fredly, musisi Ambon itu mengaku adalah penggemar berat Uthe. (CNN Indonesia/ Vega Probo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi senior Ruth Sahanaya merasa lemas saat mendengar kabar Glenn Fredly meninggal dunia. Saat mendengar kabar duka itu ia sedang berada di ruang makan dengan suaminya.

"Lemas banget, kaget, enggak bisa ngapa-ngapain," kata Ruth saat diawawancara oleh CNN Indonesia TV, Rabu (8/4).

"Saya tahunya jam 19:30 WIB. Sempat enggak percaya. Suami saya ada di banyak grup musisi, dapat kabar dari Tompi," lanjutnya.


Musisi yang biasa dipanggil Uthe ini menjelaskan bahwa ia sangat sayang pada Glenn. Ia tahu bahwa Glenn menganggapnya sebagai inspirasi.

Pada tahun 2016 lalu, Glenn membuat konser bertajuk Tanda Mata Glenn Fredly untuk Ruth Sahanaya. Konser itu dibuat Glenn sebagai bentuk penghormatan.

"Dia selalu bilang kita mesti buat tribut bukan cuma pas penyanyi meninggal, justru pas masih hidup. Makanya bikin konser," kata Uthe sambil menahan tangis kala ditelepon.

Meski lebih senior, Uthe mengaku mengagumi Glenn. Ia menilai Glenn adalah salah satu musisi kebanggaan Indonesia dari Ambon, Maluku, selain Harvey Maleiholo.

Lebih lanjut, Uthe mengaku ingin melayat. Namun ia bingung karena saat ini pemerintah membatasi pertemuan banyak orang untuk mencegah penularan virus corona.

"Saya kepengin melayat, tapi keadaan enggak memungkinkan. Kan mesti ikutin peraturan juga," kata Uthe.

Glenn Fredly dilaporkan meninggal dunia pada Rabu (8/4) sore karena menderita radang selaput otak.

Glenn Fredly merupakan musisi dan pencipta lagu yang mulai terkenal sejak membawakan lagu Kasih Putih pada awal 2000-an.

Lahir dengan nama Glenn Fredly Deviano Latuihamallo pada 30 September 1975, Glenn memulai karier dengan menjadi vokalis Funk Section sekitar 1995. Semasa hidupnya, Glenn telah merilis 10 album penuh, satu album rohani, serta satu album kompilasi.

Glenn Fredly bukan hanya berkarier secara solo, ia juga membentuk trio bersama Tompi dan Sandhy Sondoro bernama Trio Lestari.

Dia juga menekuni karier sebagai produser musik untuk album milik grup Pasto dan solois wanita, Yura Yunita.

Sebelum meninggal dunia, Glenn Fredly menikah dengan Mutia Ayu pada 2019, dan pernah menjalin rumah tangga dengan Dewi Sandra pada 2006-2009. (adp/end)

[Gambas:Video CNN]