Anang Kenang Glenn: Kita Kehilangan Pejuang Industri Musik

CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2020 10:20 WIB
Musisi Anang Hermansyah menganggap Indonesia kehilangan salah satu pejuang industri musik setelah Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4). Musisi Anang Hermansyah menganggap Indonesia kehilangan salah satu pejuang industri musik setelah Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi Anang Hermansyah menganggap Indonesia kehilangan salah satu pejuang industri musik setelah Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4).

"Kita kehilangan pejuang industri musik Indonesia. Hingga akhir hayatnya, Glenn selalu memikirkan dan memperjuangkan kemajuan musik tanah air," ujar Anang melalui pernyataan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Kamis (9/4).

Anang juga mengenang ketika masih menjadi anggota Komisi X DPR RI periode 2014-2019, ia kerap bertemu Glenn yang selalu memberikan masukan dan memperjuangkan nasib musisi melalui saluran resmi pemerintah, salah satunya DPR.


"Beberapa kali kesempatan kami diskusi serius di parlemen mengenai masa depan musik di tanah air. Glenn sosok yang benar-benar memikirkan dan memperjuangkan musik di Indonesia," tutur Anang.

Menurut Anang, perjuangan musisi asal Maluku tersebut menjadi catatan amal kebaikan yang tak lekang oleh waktu.

Semangat dan komitmen Glenn dalam memperjuangkan industri musik Indonesia menjadi pekerjaan rumah dan harus dilanjutkan musisi lainnya.

Oleh sebab itu, penasihat Federasi Serikat Musik Indonesia (FESMI) ini menyatakan siap berkomitmen meneruskan perjuangan dan kebaikan Glenn di industri musik Indonesia.

"Spirit Glenn di industri musik Indonesia harus diteruskan oleh kita semua, musisi Indonesia. Selamat jalan Glen," ucap Anang.

Dulu, Glenn merupakan salah satu musisi yang paling gencar menolak Rancangan Undang-Undang Permusikan karena dianggap tidak sejalan dengan musisi kebanyakan.

[Gambas:Video CNN]

RUU yang sempat didukung oleh Anang kala masih menjabat di DPR itu digadang-gadang akan melindungi pelaku industri musik, tapi malah tak menjawab kepastian kesejahteraan musisi.

Penolakan Glenn dan rekan-rekan musisi itu membuat RUU Permusikan ditarik dari Program Legislasi Nasional 2019. Namun, Glenn kala itu menyatakan perjuangan belum berakhir.

"Ini momentum untuk melanjutkan kolaborasi lintas pemangku kepentingan untuk memperbaiki tata kelola industri musik dan meningkatkan kesejahteraan pelakunya," kata Glenn. (chri/has)