Campur Tangan Glenn Fredly di Balik Lokananta dan M Bloc

CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2020 15:16 WIB
Glenn Fredly sangat peduli pada berbagai hal yang berkaitan dengan musik dan melakukan gerakan, salah satunya menyelamatkan Lokananta. Glenn Fredly sangat peduli pada berbagai hal yang berkaitan dengan musik dan melakukan gerakan, salah satunya menyelamatkan Lokananta. (CNN Indonesia/safir makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bukan hanya musisi, Glenn Fredly juga bisa dikategorikan sebagai aktivis. Ia sangat peduli pada berbagai hal yang berkaitan dengan musik dan melakukan gerakan, salah satunya seperti menyelamatkan Lokananta.

Tentu menyelamatkan studio rekaman Lokananta sangat penting karena kisah sejarah di dalamnya. Bukan hanya musik, melansir Antara, studio ini juga memiliki sub-master pidato Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lokananta berdiri sejak 29 Oktober 1956 setelah dicetuskan oleh R. Maladi, Menteri Penerangan dan pemimpin Radio Republik Indonesia (RRI) kala itu. Studio ini terletak di Jalan Ahmad Yani Nomor 379, Kerten, Solo.


Seiring berjalannya waktu, Lokananta tidak terurus dengan baik dan mulai dilupakan banyak orang. Nama Lokananta kembali terdengar setelah Glenn membuat gerakan menyelamatkan Lokananta pada 2012 lalu.

Kala itu Glenn melakukan rekaman di salah satu studio Lokananta bersama Bakuucakar. Hasil rekaman itu ia rilis dalam bentuk DVD dan secara digital lewat akun YouTube resmi Glen Fredly.

[Gambas:Youtube]

Saat menjalankan gerakan itu, Glenn juga mengajak temannya ke Lokananta untuk melihat apa yang ia kerjakan. Salah satu teman yang ia ajak adalah Intan Anggita Pratiwi, pemerhati musik yang tidak tahan melihat kekunoan di Lokananta.

Bersama Wendi, Sarah, Ajeng, Alain dan teman-temannya di Solo, Intan membuat gerakan bernama Sahabat Lokananta. Gerakan itu bertujuan untuk menyebarluaskan kondisi Lokananta.

"Di sana saya melihat sendiri studio rekaman yang selama ini sangat sarat akan cerita bersejarah. Tapi sekaligus sedih melihat kondisinya yang tidak terurus," ujar Intan saat diwawancarai oleh CNNIndonesia.com pada 2016 lalu.

Glenn tidak berhenti ketika sukses membuat gerakan menyelamatkan Lokananta. Pada 2019 ia tergabung dalam PT Ruang Riang Milenial bersama Hendroyono, Jacob Gatot Sura, Lance Mengong, Mario Sugianto, dan Wendi Putranto.

Campur Tangan Glenn Fredly di Balik Lokananta dan M BlocSemasa hidup, Glenn Fredly tergabung dalam kegiatan merevitalisasi eks perumahan karyawan Peruri menjadi ruang kreatif bagi musisi dan seniman bernama M Bloc. (CNN Indonesia/M Andika Putra)

Mereka berenam merevitalisasi lahan seluas 6.500 meter persegi di bekas perumahan karyawan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) di kawasan Blok M. Kini kawasan yang bernama M Bloc itu beralih fungsi menjadi ruang kreatif bagi musisi dan seniman.

Selain itu, Glenn juga menggagas organisasi Kami Musik Indonesia yang membuat Konferensi Musik Indonesia. (adp/end)

[Gambas:Video CNN]