Cerita Kala Najwa Mencoba Menyangkal Mangkatnya Glenn Fredly

CNN Indonesia | Jumat, 10/04/2020 14:15 WIB
Saat mendapat kabar dari Tompi, Najwa Shihab mengaku sempat mencoba menyangkal berita mangkatnya Glenn Fredly. Saat mendapat kabar dari Tompi, Najwa Shihab mengaku sempat mencoba menyangkal berita mangkatnya Glenn Fredly. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepergian Glenn Fredly meninggalkan duka cita mendalam bagi dua sahabatnya, penyanyi Tompi dan pemandu acara Najwa Shihab.

Dalam sebuah unggahan di Instagram, Najwa mengaku dirinya sempat mencoba menyangkal kabar atas mangkatnya Glenn. Ia mengaku mendapatkan kabar kepergian Glenn selama-lamanya itu dari penyanyi Tompi.

Tompi yang juga berprofesi sebagai dokter merupakan rekan Glenn dalam proyek Trio Lestari.


"Saya tengah bersiap menuju LIVE Mata Najwa di studio, ketika dr Tompi menyampaikannya. 'Tidak mungkin,' kata saya. 'Mana mungkin!' Saya masih berupaya menyangkal apa yang saya dengar dari dr Tompi. Sampai akhirnya saya menyerah dan kami bertangis-tangisan di telepon," ungkap wanita yang kerap disapa Nana itu.

Dalam unggahan itu pula, Najwa yang dikenal publik sebagai jurnalis dan presenter berita itu mengenang sosok serta momen-momen berharga dari seorang musisi Glenn Fredly.

Najwa pun menceritakan perbincangan terakhirnya dengan Glenn. Nana yang turut mempersiapkan Konser Musik Donasi #dirumahaja di tengah imbauan social distancing akibat pandemi virus corona (Covid-19) menghubungi Glenn.

Saat itu, kata dia, Glenn mengaku sedang dalam kondisi sakit sehingga  menyampaikan permintaan maaf tidak bisa tampil. Hingga akhirnya, Trio Lestari hanya muncul dengan Tompi dan Sandy Sandoro saja dalam konser musik donasi via media sosial tersebut.

Glenn Fredly saat menjadi tamu Music at Newsroom di kantor redaksi CNNIndonesia.com, Jakarta, 17 Februari 2016.(CNNIndonesia/Safir Makki).

Selain berbagi momen tersebut, Najwa juga mengenang sosok seorang musisi berdarah Ambon itu. Mulai dari berkeliling kota hingga momen penting dalam hidup yang dilalui bersama,.

Najwa bercerita bagaimana kala ia memilih mengambil jeda dari industri berita televisi hingga membangun perusahaan media sendiri. Dia mengaku Glenn ada dan ikut menemaninya.

Dia juga menyampaikan bagaimana Glenn tidak hanya serius tentang musik, tapi juga demokrasi, toleransi, dan pentingnya berbagi kasih.

"Ia sangat populer sebagai musikus yang menembangkan cinta. Lagu-lagu syahdunya minimal pernah didengar sekali dalam seumur hidup oleh penduduk Indonesia mana pun. Bagi banyak kaum muda, salah satu atau dua lagu Kakak Glenn akan mengingatkan mereka pada satu fase dari masa muda yang mengharu-biru. Suaranya menemani banyak dari kita melewati hari-hari yang sulit atau pun baik," tutur Nana.

"Tapi, percayalah, hayat dan karya Kakak Glenn bukan cuma tentang cinta dalam pengertian romansa. Pada awal dan pada akhirnya, cinta dalam hayat dan karya Kakak Glenn adalah tentang kemanusiaan," imbuhnya.

[Gambas:Instagram]

Tak hanya Najwa, Tompi, yang juga sahabat dan rekan Glenn dalam Trio Lestari, pun berbagi kenangan akan sosok Glenn lewat unggahan di Instagram pada Kamis (9/4) malam.

Dia menuliskan, "Bre, terlalu banyak hal baik... meskipun kita belum lama berteman hingga bersaudara tapi rasanya seperti sepanjang masa. Lo selalu tahu yang terbaik untuk banyak hal. Bahkan untuk memilih waktu untuk pulang, di saat semua sedang sayang-sayangnya sama lo."

"Selamat Jalan Glenn Fredly Deviano Latuihamallo," tutup Tompi dalam unggahan foto bersama Glenn yang terbaring di rumah sakit.

[Gambas:Instagram]
Glenn meninggal dunia pada 8 April lalu karena mengidap penyakit Meningitis. Pelantun Kasih Putih ini dimakamkan pada Kamis (9/4) kemarin di TPU Tanah Kusir.

Glenn meninggalkan seorang istri, Mutia Ayu dan anak semata wayangnya, Gewa Atlana Syamayim Latuihamallo yang lahir pada 28 Februari 2020, 40 hari sebelum Glenn menghembuskan napas terakhirnya. (agn/kid)

[Gambas:Video CNN]