Demi Lovato Minta Fan Tak Abai Kesehatan Mental saat Corona

CNN Indonesia | Kamis, 23/04/2020 15:12 WIB
LOS ANGELES, CALIFORNIA - NOVEMBER 02: Demi Lovato speaks on stage at the Teen Vogue Summit 2019 at Goya Studios on November 02, 2019 in Los Angeles, California.   Rich Fury/Getty Images for Teen Vogue/AFP Demi Lovato mengingatkan penggemarnya untuk tetap menjaga kondisi kesehatan mental di tengah krisis akibat wabah virus corona. (Rich Fury/Getty Images for Teen Vogue/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Demi Lovato mengingatkan penggemarnya untuk tetap menjaga kondisi kesehatan mental di tengah krisis akibat wabah virus corona.

Dalam peluncuran The Mental Health Fund, pelantun I Love Me ini mengingatkan bahwa masih banyak orang yang menganggap mencari bantuan tentang kesehatan mental sebagai simbol kelemahan. 

"Justru ini menunjukkan kekuatan [untuk lebih baik]," katanya sambil berharap bahwa mereka yang berjuang dengan masalah kesehatan mental memanfaatkan segala sumber daya.


"Sering kali masyarakat kita beranggapan bahwa jika kita meminta bantuan, kita  adalah orang yang lemah. Namun sesungguhnya,  hal terkuat yang dapat dilakukan seseorang adalah mengambil langkah pertama dalam mendapatkan bantuan, apa pun bentuk atau caranya," katanya dalam wawancara dengan People.

Lebih lanjut, mantan bintang Disney ini juga menjelaskan betapa penting untuk mengetahui ke mana mencari bantuan, termasuk dari profesional.

Menurut dia, ada kala setiap orang merasakan kesendirian dan tak tahu ke mana berpaling atau berbicara dengan siapa.

"Kalian takut bahwa pikiran yang kalian miliki ini terlalu gelap, dan kalian perlu bimbingan. Di situlah layanan ini berguna. Ini dapat memberikan bantuan kepada orang-orang yang sedang berjuang," ucap Lovato soal The Mental Health Fund.

"Itulah mengapa saya membantu meluncurkan #TheMentalHealthFund untuk mendukung organisasi yang memenuhi peningkatan permintaan dalam konseling krisis karena COVID-19. Anda tidak sendirian. Bantuan cepat, gratis dan tersedia 24/7," katanya.

[Gambas:Video CNN]

The Mental Health Fund sendiri digaungkan untuk menggalang dana yang mendukung organisasi dengan fokus pada konseling saat krisis Covid-19. Dana yang terkumpul sejauh ini sudah mencapai lebih dari US$2 juta.

Dalam wawancara terpisah, Lovato sempat berbagi kegiatan yang dia lakukan sambil berlatih menjaga jarak sosial sekaligus membantu meringankan kegelisahannya.  

"Saya berolahraga dan berjalan-jalan. Saya suka berjalan-jalan dengan anjing-anjing saya. Saya awalnya melakukan yoga, tapi agak sulit," katanya.

 "[Saya] akan memulai kembali. Bermeditasi, apa pun yang membantu kalian fokus dan menjadi terpusat sangat baik untuk kalian." (agn/has)