Ahok Kenang Boneka Kejutan Buatan Didi Kempot

tim, CNN Indonesia | Selasa, 05/05/2020 13:12 WIB
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat perayaan hari ulang tahun ke-20 fraksi DPR RI di Komplek Parlemen Senayan,  Jakarta,  Kamis 31 Oktober 2019. Acara Harla dimeriahkan dengan hiburan 'The Godfather of Broken Heart', Didi Kempot. CNN Indonesia/Andry Novelino Dalam sebuah unggahan, Ahok mengenang pemberian Didi Kempot kala dirinya dan Jokowi lolos ke putaran kedua Pilkada DKI 2012. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ikut mengirimkan ucapan duka atas kabar Didi Kempot meninggal dunia, Selasa (5/5). Melalui sebuah unggahan, Ahok mengenang boneka yang ia sebut buatan Didi Kempot.

"Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Mas Didi Kempot," kata Ahok dalam unggahan di Instagram, Selasa (5/5).

"Saya ingat sewaktu kampanye Pilkada DKI Jakarta tahun 2012, Mas Didi membuat boneka Pak Jokowi dan saya yang disebutnya sebagai kejutan bagi kami karena lolos ke putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2012. Sungguh hari ini Indonesia kembali kehilangan seorang maestro musik," lanjutnya.


[Gambas:Instagram]

Pada 2012 lalu, Didi Kempot mengakui bahwa ia merancang boneka tersebut sebagai bentuk kecintaan dirinya terhadap Joko Widodo. Didi Kempot disebut membuat boneka itu dalam berbagai ukuran, mulai dari bentuk gantungan kunci hingga yang besar.

"Karya boneka itu merupakan sumbangan dari saya untuk pencalonan Pak Jokowi," kata Didi kempot kala itu.

Didi Kempot mengaku begitu saja mendapatkan ide membuat boneka Jokowi-Ahok ketika mengetahui mantan Walikota Solo itu lolos putaran kedua Pilkada DKI. Ia kemudian menemui seorang pengrajin di Solo untuk mewujudkan imajinya itu.

"Sebagai seniman, saya ingin memberikan kejutan. Kejutannya boneka itu," kata Didi Kempot yang juga mengaku bangga boneka tersebut menjadi alat penggalangan dana untuk Jokowi-Ahok.


Di sisi lain, Presiden Joko Widodo turut melepas kepergian Penyanyi Didi Kempot yang meninggal dunia pada Selasa (5/5).

Jokowi sempat mengenang hal-hal yang dilakukan Didi Kempot semasa hidup, seperti ikut menggelar konser amal, serta mengimbau masyarakat tak mudik.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Tiga pekan lalu Didi Kempot menggelar konser amal seraya membantu pemerintah mengimbau warga tak mudik. Pagi ini Didi Kempot telah berpulang," tulis Jokowi dalam kicauan terbaru.

"Duka cita saya kepada segenap keluarga almarhum dan seluruh sobat ambyar di mana pun berada," ucapnya dalam cuitan yang disertai foto bersama Didi Kempot.

[Gambas:Video CNN]

Didi Kempot meninggal dunia pada Selasa (5/5) pagi. Penyanyi yang didaulat sebagai Godfather of Broken Heart itu tutup usia ketika tiba di Instalasi Gawat Darurat RS Kasih Ibu dalam keadaan henti jantung.

Kakak kandung Didi Kempot, Lilik, mengatakan sang adik akan dimakamkan hari ini di Ngawi, Jawa Timur, dekat makam kakak sekaligus anggota Srimulat yakni almarhum Mamiek Prakoso.

(end)