Karya Terbaru Banksy untuk Tenaga Medis Corona di Inggris

CNN Indonesia | Kamis, 07/05/2020 17:52 WIB
Ilustrasi Banksy Game Changer Banksy mengeluarkan karya seni baru yang dipersembahkan untuk tenaga medis. (Dok. Instagram/banksy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seniman Banksy menciptakan karya seni baru yang didedikasikan untuk para pekerja medis. Karya bertajuk 'Game Changer' ini didonasikan untuk University Hospital Southampton (UHS), Inggris.

Dalam karyanya kali ini sang seniman memperlihatkan anak kecil sedang bermain boneka perawat yang mengenakan jubah dan masker. Perawat ini seolah jadi superhero menggantikan boneka Batman dan Spiderman yang teronggok di keranjang.

[Gambas:Instagram]


Melansir dari CNN, rumah sakit, atas seizin Banksy, memberikan judul 'Painting for Saints'. Juru bicara UHS mengungkapkan nama ini terinspirasi dari tim sepak bola kebanggaan mereka di Premier League yang kerap dijuluki 'The Saints'.

"Begitu bangga untuk mengeluarkan karya seni menakjubkan Painting for Saints karya #Banksy terima kasih untuk semua yang telah bekerjasama dan untuk NHS (National Health Service) dan rumah sakit kita,' cuit Paula Head, direktur eksekutif UHS.

Bulan lalu, Banksy merespons pandemi virus corona di Inggris dengan membagikan ilustrasi tikus yang berkeliaran di kamar mandi rumahnya. Lewat akun Instagramnya, dia hanya menuliskan 'Istri saya membencinya saat saya kerja dari rumah.'
Banksy hanya satu dari sekian banyak seniman yang memberikan penghormatan terhadap pekerja medis di Inggris. Damien Hirst berkreasi membuat pelangi bertajuk 'Butterfly Rainbow'. Tiap warna pada pelangi berhias sayap kupu-kupu. Seluruh keuntungan dari penjualan karya ini pun akan didonasikan untuk NHS.

"Saya ingin melakukan sesuatu untuk menghormati kerja hebat staf NHS di berbagai rumah sakit di seluruh negara ini. Pelangi adalah lambang harapan dan saya pikir ini brilian bahwa orang tua dan anak-anak mengkreasikan versi mereka dan memajangnya di jendela rumah," ungkap Hirst melalui laman resmi miliknya. (els/ain)

[Gambas:Video CNN]