Sinopsis Reply 1988, Kehangatan Keluarga dan Persahabatan

CNN Indonesia
Selasa, 12 Mei 2020 13:44 WIB
Reply 1988 Populer pada 2016, drama Korea bertajuk Reply 1988 kembali menjadi perbincangan, Selasa (11/5). (Dok. tvN via www.imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Populer pada 2015-2016, drama Korea bertajuk Reply 1988 kembali menjadi perbincangan hingga menjadi topik tren di Twitter di Indonesia pada Selasa (11/5). Berikut sinopsis drama hasil arahan sutradara Shin Won-ho tersebut.

Reply 1988 mengangkat kisah persahabatan lima remaja SMA dan keluarganya yang hidup bertetangga di Ssangmun-dong, distrik Dobong, Seoul bagian utara.

Seperti judul serialnya, kisah ini berlatar pada 1988, saat Duk-sun (Hyeri), Jung-Hwan (Ryoo Joon-yeol), Sun-woo (Ko Gyung-pyo), dan Dong-ryong (Lee Dong-hwi) masih berstatus siswa SMA, sementara Taek (Park Bo-gum) sudah menjadi pemain go internasional.


Kelima orang ini telah berteman sejak mereka masih kecil. Mereka semua tumbuh bersama di lingkungan bertetangga. Keluarga mereka pun sangat dekat satu sama lain.

Kelimanya kerap berkeliaran dan bermain di kamar Taek untuk menghabiskan waktu bersama.

Duk-sun hidup dalam keluarga miskin dan tinggal di rumah semi-bawah tanah. Ayah Duk-Sun, Dong-Il (Sung Dong-Il), kehilangan uang karena menjamin utang orang lain.

Meskipun demikian, Duk-sun berkepribadian ceria dan menikmati kegemarannya bernyanyi juga menari. Dia kerap berkelahi dengan kakak perempuannya, Bo-ra (Ryoo Hye-Young).

Sementara itu, Jung-hwan berasal dari keluarga yang sangat miskin lalu berubah menjadi kaya raya karena sang kakak menang lotre.

Jung-hwan dikenal memiliki kepribadian yang cuek, tapi diam-diam amat peduli pada orang-orang di sekelilingnya. Dia amat tergila-gila pada sepak bola.

Ada pula Sun-woo, murid teladan di sekolah dan putra penurut di rumah. Ibu Sun-woo telah membesarkan dirinya dan adik perempuannya, Jin-joo, sendirian setelah ayahnya meninggal dunia.

Kemudian, Dong-ryong suka menari dan bergaul dengan 4 orang temannya. Dia menyerah melanjutkan pendidikan ke universitas karena nilai akademisnya buruk.

[Gambas:Youtube]

Terakhir, ada Taek yang merupakan pemain go yang dikenal sudah setingkat "dewa". Sejak putus sekolah, Taek hanya memiliki teman sejati Duk-sun, Jung-hwan, Sun-woo, dan Dong-ryong.

Tidak hanya menyoroti persahabatan mereka berlima, drama ini juga menonjolkan kehangatan hidup bertetangga yang saling membantu satu sama lain saat suka dan duka.

Reply 1988 menjadi salah satu drama Korea yang meraih rating tertinggi sepanjang sejarah televisi kabel, setelah Sky Castle dan The World of the Married. Serial ini mendapat rata-rata rating nasional sebesar 18,8 persen.

Usai mengetahui sinopsis Reply 1988, drama Korea ini dapat disaksikan secara streaming di Netflix dan VIU. (agn/has)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER