Tren Streaming Ancam Acara Hiburan Terlama Korea Selatan

CNN Indonesia | Sabtu, 16/05/2020 12:33 WIB
Gag Concert Gag Concert, salah satu acara televisi terlama di Korea Selatan berada di ujung tanduk akibat kemunculan dan peningkatan pengguna layanan streaming. (Screenshot dari YouTube KBS World)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gag Concert yang merupakan salah satu acara televisi terlama di Korea Selatan berada di ujung tanduk akibat kemunculan dan peningkatan pengguna layanan streaming.

Sketsa komedi disebut kehilangan popularitasnya dan kesulitan mengimbangi tren media baru. Padahal, acara tersebut menjadi salah satu yang paling sukses dan digemari masyarakat sejak tayang 21 tahun lalu.

"Program Gag Concert akan hiatus untuk pembaruan karena berbagai alasan," kata KBS.


KBS selaku saluran televisi yang menyiarkan Gag Concert menyatakan hiatus disebabkan perubahan lanskap media dan batasan untuk menggelar acara komedi terbuka.

Oleh sebab itu, staf dan komedian anggota Gag Concert untuk sementara waktu akan terus menghibur penonton melalui saluran resmi YouTube KBS.

Gag Concert pertama kali tayang setiap Minggu malam pada pertengahan 1999. Kantor berita Yonhap melaporkan acara itu meraih rating tinggi mencapai 28,9 persen pada 2003 dan bertahan di 20 persen hingga awal 2010-an.

Acara itu melahirkan sejumlah komedian ternama Korea Selatan seperti Lee Su-geun, Kim Jun-hyun, Jung Hyun-don, dan Kim Jun-ho.

Namun, tren hiburan Korea Selatan berubah seiring perkembangan zaman. Acara variety show lebih banyak dilakukan di luar ruangan dan mulai memengaruhi popularitas juga rating Gag Concert dalam beberapa tahun terakhir.

Pengamat budaya menilai sketsa komedi hanya tinggal menghitung waktu untuk menghilang apabila hanya mengandalkan aksi slapstick dan guyonan komedian.

"Ini bentuk perubahan zaman. Komedian juga sudah banyak masuk menjadi penyiar di acara realitas. Produser benar-benar harus mengubah dan mengembangkan pertunjukan acara komedi yang sesuai dengan perubahan zaman," kata kritikus budaya Gong Hee-jong.

[Gambas:Youtube]


Tim produksi sempat menangguhkan Gag Concert dua pekan untuk memodifikasi sketsa, tetapi gagal meraih penonton. Gag Concert bahkan hanya mendapatkan rating 2,5 persen untuk episode terbaru pada 8 Mei.

Tim produksi Gag Concert belum menentukan masa waktu hiatus. Namun, mereka diberi masukan untuk benar-benar menghentikan acara tersebut.

Apabila Gag Concert berakhir, Korea Selatan hanya tinggal memiliki dua sketsa komedi, yakni Comedy Big League (2011) dan Smile King Comedy TV. (chri/end)