Playlist Pop Melayu Indonesia 2000-an

CNN Indonesia | Rabu, 20/05/2020 19:15 WIB
Andika Mahesa Andika, Vokalis Kangen Band. (Detikcom/Noel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak bisa dipungkiri, musik pop Melayu sempat menguasai industri musik Indonesia pada dekade 2000-an. Lagu pop Melayu ada di mana-mana, mulai dari radio sampai televisi.

Terlebih, ada sejumlah stasiun televisi yang kerap menyuguhkan band pop Melayu lewat program di pagi hari. Hal ini menjadi salah satu alasan pop Melayu berjaya cukup lama.

Meski begitu, ada sejumlah pihak yang tidak menyukai musik pop Melayu karena menganggap musiknya "kampungan" dan berlirik klise.


Terlepas dari kontroversi kehadiran musik Melayu, sejumlah lagu dari jenis musik ini pernah menjadi ikon pada masanya. Berikut playlist pop Melayu Indonesia 2000-an:

Kangen Band - Yolanda

Yolanda adalah salah satu lagu Kangen Band yang paling terkenal. Lagu ini menjadi single paling hit dalam album Bintang 14 Hari yang dirilis 2008 lalu.

Dari segi musik, Yolanda terbilang amat biasa. Vokal Andika Mahesa juga terdengar dipaksakan. Namun lagu ini mampu menghipnotis sebagian masyarakat dan menggemarinya.

[Gambas:Youtube]

Radja - Benci Bilang Cinta

Radja sebenarnya memiliki banyak lagu-lagu hit. Namun, Benci Bilang Cinta adalah salah satu lagu yang paling fenomenal.

Bukan karena tema lagu atau aransemen musik, melainkan karena lirik yang kerap dipelesetkan. Lirik da da da da da dam dipelesetkan menjadi Pak Dadang Pak Dadang.

[Gambas:Youtube]

ST12 - Cari Pacar Lagi

Bisa dibilang ST12 adalah band yang "paling" pop Melayu ketimbang band lain. Mereka kerap membuat lagu dengan beberapa bagian mengayun khas pop melayu, seperti lagu Cari Pacar Lagi.

Terlebih, vokalis Charly bisa bernyanyi dengan cengkok Melayu yang cukup bagus.

[Gambas:Youtube]

Hijau Daun - Suara

Meski timbul tenggelam, Hijau Daun masih dikenal lewat lagu Suara. Bisa dibilang, Suara merupakan satu-satunya lagu hit Hijau Daun. Lagu ini sempat dinyanyikan ulang oleh aktris Luna Maya hingga kembali terkenal. Namun hal itu tidak bertahan lama.

[Gambas:Youtube]

Matta - Ketahuan

Sedikit berbeda dengan band pop Melayu lain, Matta membuat sejumlah lagu dengan sedikit sentuhan elektronik. Salah satunya adalah lagu Ketahuan.

Ketahuan merupakan lagu Matta paling hit yang rilis 2007 silam. Lagu ini terdapat dalam album perdana bertajuk Ketahuan, Sumpah Mati, Playboy (2007).

[Gambas:Youtube]


(adp/end)