4 Gambar Asterix Karya Mendiang Uderzo Terjual Rp6,3 M

CNN Indonesia | Kamis, 28/05/2020 19:38 WIB
French comics characters Asterix and Obelix (R) pose during a press conference to present Tokoh Asterix dan Obelix. (Foto: AFP PHOTO / MIGUEL MEDINA0
Jakarta, CNN Indonesia -- Empat gambar Asterix karya mendiang komikus Albert Uderzo terjual dalam pelelangan sebesar 390 ribu Euro atau setara dengan Rp6,3 miliar. Pelelangan ini merupakan penggalangan dana yang disalurkan ke sejumlah rumah sakit di Paris, Prancis.

Melansir ndtv.com, mantan istri Uderzo, Ada, mengatakan penggalangan dana itu merupakan bentuk terima kasih pada mereka yang melawan virus corona. Saat ini virus corona telah menyebabkan kematian lebih dari 28.000 orang di Prancis.

Dua di antara empat gambar yang terjual merupakan gambar yang terbilang baru. Dua gambar tersebut bertajuk Asterix and the Secret Weapon dan Asterix and Obelix All At Sea.


Uderzo meninggal pada Selasa (23/3) sore waktu Indonesia. AFP melaporkan salah satu pencipta serial komik ikonis dan legendaris tersebut meninggal dunia karena serangan jantung, dan bukan terkait dengan pandemi Covid-19.

Uderzo menciptakan seri komik Asterix bersama dengan Rene Goscinny setelah keduanya bertemu pada 1951. Delapan tahun kemudian, Goscinny menjadi editor majalah Pilote dan Uderzo menjadi direktur artistiknya.


Majalah Pilote itulah wadah pertama kali keduanya mengenalkan karakter Asterix kepada publik, yang dikenal sebagai prajurit sebuah desa terpencil kaum Galia yang memiliki kekuatan khusus dan selalu menolak dijajah Romawi.

Dalam seri tersebut bukan hanya Asterix yang terkenal, melainkan juga sahabatnya yang berbadan tambun, Obelix yang memiliki kemampuan super tanpa harus minum jamu magis dan gemar akan celeng panggang.

Pada 1961, serial yang rilis lewat majalah tersebut dibuat dalam versi komik satuan. Kemudian pada 1967, duo itu meninggalkan pekerjaan mereka di majalah dan mendedikasikan hidup mereka di kisah Asterix.


Rene Goscinny diketahui meninggal dunia pada 1977. Pekerjaannya menulis dipegang sekaligus oleh Uderzo yang juga menggambar komik tersebut. Albert Uderzo kemudian baru pensiun pada 2011.

Sebuah tim yang terdiri dari penulis Jean-Yves Ferri dan ilustrator Didier Conrad mengambil alih tugas Goscinny dan Uderzo pada 2013 yang membuat seri komik Asterix terus tayang hingga kini.

Kisah Asterix dan petualangannya juga sudah diadaptasi dalam bentuk film. Diberitakan Deadline, tercatat ada 14 film adaptasi kisah si prajurit Galia itu, yang teranyar adalah Asterix: The Secret of the Magic Potion, yang mendulang pendapatan sebesar U$46 juta secara global. (adp/asa)

[Gambas:Video CNN]