Kisruh George Floyd, Fan BTS Gaungkan #WeLoveYouBlackArmy

CNN Indonesia | Selasa, 02/06/2020 13:00 WIB
Bangtan Boys alias BTS Penggemar BTS menyuarakan dukungan bagi rekan mereka yang berkulit hitam dan mungkin terluka di tengah kisruh kematian George Floyd dengan #WeLoveYouBlackArmy. (Dok. Big Hit Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penggemar boyband BTS alias Army menyuarakan dukungan bagi rekan mereka yang berkulit hitam dan mungkin terluka di tengah kisruh kematian George Floyd dengan menggaungkan tagar #WeLoveYouBlackArmy di Twitter.

Tagar ini pertama kali digaungkan oleh Profesor Lee Ji-young dari Sejong University. Ia merupakan seorang Army yang pernah menulis buku tentang BTS.

"Saya meminta bantuan pada Army. Sejak kejadian di Amerika Serikat menjadi sangat serius, saya sangat khawatir dengan Army berkulit hitam yang hatinya terluka," tulis Ji Young.


Ia melanjutkan, "Bukankah akan menyenangkan bagi mereka bila menunjukkan bahwa kita bersama mereka? Bagaimana dengan menuliskan pesan yang menguatkan mereka dengan tagar."



Kicauan tersebut mendapat banyak respons. Ada yang mengicaukan ulang tweet Ji Young. Ada pula yang membuat kicuan baru dengan sejumlah informasi.

Pengguna akun @BTSXSaha, misalnya, menyertakan tangkapan layar bahwa #WeLoveYouBlackArmy menjadi trending nomor satu di Korea Selatan.



Selain itu, ada yang mengunggah video singkat  yang menampilkan BTS saat tampil di atas panggung. Dalam video itu, terlihat BTS mengatakan bahwa musik melampaui bahasa, negara, dan ras.



Ada juga yang mengunggah foto saat menonton konser BTS di Stadion Wembley, Inggris, dengan Army kulit hitam.



Isu ini menjadi perhatian luas hingga memicu aksi unjuk rasa besar-besaran di Amerika Serikat dan beberapa negara lain setelah Floyd tewas di tangan aparat kepolisian.

Insiden ini menambah panjang daftar kasus kekerasan kepolisian terhadap warga kulit hitam di Amerika Serikat dan memicu amarah rakyat. (adp/has)