Train to Busan 2, Peninsula Masuk Film Hasil Seleksi Cannes

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 04/06/2020 06:46 WIB
Train to Busan 2
dok. Redpeter Films Di antara 56 judul film Official Selection Cannes 2020, ada judul Peninsula yang merupakan sekuel dari Train to Busan. (dok. Redpeter Films)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak penyelenggara Cannes Film Festival mengumumkan sederet film hasil seleksi dewan juri yang berhak menyandang label bergengsi "Official Selection Cannes 2020", di antaranya adalah film Train to Busan 2: Peninsula karya Yeon Sang-ho.

Dalam laman resmi Cannes, pihak penyelenggara yang dipimpin oleh Direktur Cannes, Thierry Fremaux, mengumumkan 56 film tersebut dalam pengumuman yang digelar di UGC Normandie, Paris, Kamis (4/6) dini hari waktu Indonesia.

"Dalam kesempatan tersebut, Thierry Fremaux, Direktur Cannes Film Festival, mengungkap 56 film Hasil Seleksi Cannes 2020 yang berhak menyandang nama Festival kala mereka rilis di bioskop dan ketika tampil di festival film lainnya," tulis pernyataan Cannes Film Festival.


Sebanyak 56 film tersebut terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu The Faithful, New Venues, Sketch Film, First Movies, Documentaries, Comedies, dan Animated Movies.

Dalam bagian The Faithful, film The French Dispatch karya Wes Anderson dari Amerika Serikat menjadi nama paling atas dalam daftar tersebut, kemudian sejumlah film dari Jepang, Prancis, Inggris, dan Lithuania.

Sementara itu, dua film Korea Selatan berhasil terpilih menjadi bagian hasil seleksi Dewan Juri dalam bagian The Faithful tersebut, yaitu Peninsula karya Yeon Sang-ho yang merupakan sekuel Train to Busan, serta Heaven: To The Land of Happiness karya Im Sang-soo.

Pada perayaan biasanya, hasil seleksi resmi Dewan Juri ini akan terbagi dalam beberapa kategori, salah satunya adalah In Competition yang merupakan kompetisi film hasil seleksi untuk mendapatkan kemenangan utama Cannes Film Festival: Palme d'Or.

Hadiah itu pula yang pernah diraih oleh Bong Joon-ho melalui Parasite pada 2019 lalu dan sekaligus menjadi yang pertama bagi Korea Selatan.

Namun pada tahun ini, bertepatan dengan pandemi yang membuat acara fisik Cannes Film Festival 2020 harus ditiadakan, pihak penyelenggara hanya akan mencantumkan label "Cannes 2020" pada 56 film tersebut.

Label itu akan terus menempel pada film hasil seleksi untuk diputar di berbagai festival film lainnya tahun ini seperti Toronto, Deauville, Angoulême, San Sebastian, New York, Busan, Tokyo, Mumbai, dan Lumière festival di Lyon.
South Korean director Bong Joon-Ho poses during a photocall with his trophy after he won the Palme d'Or for the film Hadiah puncak Cannes Film Festival, Palme d'Or diraih oleh Bong Joon-ho melalui Parasite pada 2019 lalu dan sekaligus menjadi piala Palme d'Or pertama bagi Korea Selatan. (AFP/ALBERTO PIZZOLI)

Meski begitu, pihak Cannes tidak memberikan keterangan lebih lanjut terkait penyeleksian film untuk memperebutkan Palme d'Or.

Dalam wawancara dengan Variety, Fremaux menyebut bawa Komite Seleksi menerima 2.067 film panjang untuk dipertimbangkan. Jumlah itu naik dari tahun lalu sebesar 1.845 film.

"Krisis dan kegiatan pasca produksi yang melambat tidak berdampak pada jumlah film yang dikirim," kata Fremaux.

Dari daftar 56 film itu, sebanyak 15 film merupakan film panjang debut yang merupakan 26,7 persen dari keseluruhan jumlah film yang terseleksi.

"Tak pernah Hasil Seleksi mendapatkan begitu banyak sineas muda. Ini bukti dari vitalitas kreativitas film, serta keterlibatan festival untuk masa depan," lanjutnya yang menyebut film yang mendaftarkan diri ke Cannes berasal dari 147 negara, naik dari tahun lalu, 138 negara.

Berikut daftar Official Selection Cannes 2020 bagian The Faithful:

1. The French Dispatch oleh Wes Anderson (AS)
2. Summer 85 oleh Francois Ozon (Prancis)
3. Asa Ga Kuru (True Mothers) oleh Naomi Kawase (Jepang)
4. Lovers Rock oleh Steve McQueen (Inggris)
5. Mangrove oleh Steve McQueen (Inggris)
6. Druk (Another Round) oleh Thomas Vinterberg (Denmark)
7. Maiwenn's DNA (DNA), (Aljazair/Prancis)
8. Last Words oleh Jonathan Nossiter (AS)
9. Heaven: To The Land of Happiness oleh Im Sang-soo (Korea Selatan)
10. El Olvido Que Seremos (Forgotten we'll be) oleh Fernando Trueba (Spanyol)
11. Peninsula oleh Yeon Sang-ho (Korea Selatan)
12. In the Dusk (At Dusk) oleh Sharunas Bartas (Lithuania)
13. Des Hommes (Home Front) oleh Lucas Belvaux (Belgia)
14. The Real Thing oleh Koji Fukada (Jepang)

[Gambas:Video CNN]

(end)