Lawan Rasisme, BTS Dukung Gerakan Black Lives Matter

CNN Indonesia
Kamis, 04 Jun 2020 16:46 WIB
NEW YORK, NEW YORK - FEBRUARY 21: K-pop boy band BTS visit the SiriusXM Studios on February 21, 2020 in New York City.   Cindy Ord/Getty Images for SiriusXM/AFP Boyband Korea Bangtan Boys alias BTS menyatakan dukungan untuk melawan ketidakadilan rasialisme lewat sebuah pernyataan di media sosial. (Cindy Ord/Getty Images for SiriusXM/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Boyband Korea Bangtan Boys alias BTS menyatakan dukungan untuk melawan ketidakadilan rasialisme lewat sebuah pernyataan di akun Twitter mereka, Kamis (4/6).

"Kami menentang diskriminasi ras. Kami mengutuk kekerasan. Anda, saya dan kita semua memiliki hak untuk dihormati. Kami akan berdiri bersama. #BlackLivesMatter," tulis BTS.




Pernyataan itu kini telah disukai hampir satu juta pengguna Twitter per Kamis (4/6) pukul 16.00, atau tiga jam sejak diunggah pertama kali pada pukul 13.01 WIB.

BTS menambah deretan pesohor Korea Selatan yang menyatakan dukungan pada gerakan Black Lives Matter, yang digaungkan kembali setelah kematian George Floyd karena tewas dibunuh polisi AS.

Sebelumnya, musisi seperti Jay Park, CL eks '2NE1,' Mark 'GOT7,' Eric Nam juga telah menyatakan dukungan dan berdonasi.

"Tak peduli apa warna kulit Anda, ini berdampak pada Anda. RASISME TIDAK MATI. George dan Ahmaud hanyalah dua dari tak terhitung pria dan wanita kulit hitam yang kehilangan nyawa tanpa alasan. Tanda tangani petisi, angkat suara, dan lakukan apa yang Anda bisa. #BlackLivesMatter," tulis Eric Nam.



[Gambas:Instagram]



[Gambas:Instagram]



Floyd merupakan warga Afrika-Amerika yang tewas karena kesulitan bernapas akibat 'dikunci' lutut polisi Minneapolis, Minnesota.

Floyd ditangkap setelah kepolisian menerima laporan dari sebuah supermarket yang mengklaim bahwa Floyd menggunakan uang palsu saat membeli barang.

Video penangkapan yang berujung kematian Floyd ini viral di sosial media. Aksi protes pun berlangsung di Minneapolis sehari setelah Floyd terbunuh, dan diikuti di kota-kota AS hingga seluruh dunia. (agn/end)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER