Aktor Ian Holm 'Lord of the Rings' Meninggal Dunia

CNN Indonesia | Jumat, 19/06/2020 21:22 WIB
NEW YORK - DECEMBER 14:  Actor Ian Holm attends Aktor Ian Holm meninggal dunia. (Evan Agostini / Getty Images North America / Getty Images via AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktor Ian Holm yang berperan sebagai Bilbo Baggins dalam seri film The Lord Of The Rings meninggal dunia. Kabar duka itu dikonfirmasi oleh agennya.

"Sangat menyedihkan aktor Sir Ian Holm CBE meninggal dunia pagi ini pada usia 88 tahun," kata agennya sebagaimana dilansir Guardian.

Agen tersebut menjelaskan Holms meninggal karena penyakit yang berkaitan dengan parkinson. Namun agen tersebut tidak memberikan keterangan lebih lanjut.


Lahir pada 1931 silam, Holm memulai karier dalam dunia seni peran sejak tahun 1957. Ia merupakan aktor kenamaan pada kelompok teater Royal Shakespeare Company.

Pada tahun 1965, ia melebarkan sayap ke dunia layar kaca. Ia mengawali karier di pertelevisian dengan memerankan karakter Richard III dalam seri adaptasi The Wars of The Roses yang diproduksi BBC.

Tak butuh waktu lama baginya untuk kembali melebarkan sayap ke layar lebar. Pada 1968 berperan dalam tiga film, yaitu The Bofors Gun, The Fixer dan A Midsummer Night's Dream.

Sejak saat itu aktor asal Inggris ini selalu muncul dalam layar lebar. Beberapa karakter ikoniknya adalah Ash dalam film Alien (1979) dan Bilbo Baggins dalam seri film The Lord Of The Rings.

Terakhir, ia muncul dalam film The Hobbit: The Battle of the Five Armies sebagai Bilbo Baggins tua. Sementara karakter Bilbo Baggins muda diperankan Martin Freeman.

(adp/asa)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK