Didik Nini Thowok, Maestro Tari Tradisional yang Diakui Dunia

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/06/2020 16:00 WIB
didik nini thowok Profil Didik Nini Thowok menjadi perbincangan netizen setelah ia melakukan aksi Lathi Challange berdasarkan lagu Lathi karya Weird Genius. (Screenshot via instagram @didikninithowok)
Jakarta, CNN Indonesia --

Didik Nini Thowok menjadi perbincangan netizen setelah melakukan aksi Lathi Challange berdasarkan lagu Lathi karya Weird Genius. Aksi tersebut membuat kagum para netizen dan menegaskan pengalaman tari dari seniman legendaris tersebut.

Lahir dengan nama lengkap Didik Hadiprayitno di Temanggung, Jawa Tengah, pada 13 November 1954, Didik Nini Thowok merupakan salah satu seniman legendaris yang mencurahkan hidupnya dalam seni tari.

Menurut arsip Kemendikbud, Didik Nini Thowok menuntaskan studi seni di Institut Seni Indonesia pada 1952.


Nama Didik terkenal di masyarakat berkat keahliannya memadukan seni tari tradisional, klasik, rakyat, modern, dengan komedi. Bukan hanya itu, Didik juga lihai menampilkan seni tari tradisional lintas gender.

Didik lihai tampil dan menjiwai karakter perempuan dalam penampilannya membawakan berbagai tarian daerah, seperti topeng, Sunda, Cirebon, Bali, dan Jawa Tengah.

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Didik Nini Thowok adalah beragam topeng yang ia miliki. Kadang, ia tampil dengan dua topeng sekaligus, di bagian depan dan belakang kepalanya dan membuat gerakan seolah ada dua penari dalam dirinya.

Keahlian maestro ini dalam tampil menari sekaligus lintas gender tersebut yang kemudian juga membawa Didik dikenal hingga panggung dunia.

Didik juga dikenal sebagai seniman tari dengan kemampuan di luar panggung lainnya, mulai dari pengajar, aktor, mimer, perias, komedian, dan penyanyi. Kini, ia merupakan direktur Lembaga Pendidikan Kejuruan Tari Natya Lakshita Dance School dan Didik Nini Thowok Entertainment.

Didik Nini Thowok telah mengukir banyak prestasi yang diakui berbagai pihak atas dedikasi dan karyanya.

Kemendikbud menyebut ia pernah banyak menghasilkan karya, termasuk artikel, tarian tradisional, tarian komedi, tarian tradisional multinasional, kolaborasi multinasional, penampilan internasional, dan puluhan D'oude couple di seluruh dunia.

Meski sudah menjadi maestro dan seniman legendaris, Didik Nini Thowok tetap mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya dengan mengikuti Lathi Challange yang viral di kalangan milenial.

Dalam sebuah video berdurasi semenit yang dirilis di akun YouTube pribadinya Selasa (23/6) malam, Didik Nini Thowok ikut menjalankan tantangan tersebut dengan menggunakan keahliannya dalam tari topeng.

Didik bukan hanya mengubah riasan wajahnya sesuai dengan tantangan, tetapi juga menunjukkan sejumlah topeng yang menguatkan aksinya tersebut.

"Selamat buat Weird Genius atas karyanya yang menginspirasi banyak orang, termasuk eyang hehehe...," tulis Didik dalam keterangan video tersebut.

[Gambas:Youtube]

Aksi Didik itu pun viral di media sosial. Ia bahkan sempat menjadi salah satu trending topic di Indonesia pada Rabu (24/6) siang dengan lebih dari 8 ribu kicauan. Ragam komentar netizen bermunculan mengagumi kemampuan Didik tersebut.

"Sungkem dulu sama eyang Didik Ninik Thowok, kereeen banget," kata seorang netizen.

(end)