'Yamko Rambe Yamko' Jadi Polemik, Diduga Bukan Bahasa Papua

CNN Indonesia | Sabtu, 27/06/2020 20:58 WIB
Komedian Arie Kriting saat mengikuti aksi Women's March Jakarta, Sabtu (3/3). Komedian Arie Kriting saat mengikuti aksi Women's March di Jakarta, Sabtu (3/3). (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komedian Arie Kriting mengunggah sebuah vlog di YouTube tentang asal usul lagu Yamko Rambe Yamko. Dalam video itu, dia menyampaikan bahwa lagu tersebut diduga bukan berasal dari Papua.

"Dari mana lagi ini (Yamko Rambe Yamko) berasal? Papua? Pasti banyak yang menjawab kalau lagi ini lagu daerah Papua. Tapi bagaimana kalau saya bilang ternyata ada kemungkinan besar bahwa lagu Yamko Rambe Yamko ini bukan dari Papua," kata Arie Kriting dalam vlog yang diunggah Jumat (26/5).

Arie mengatakan orang Papua tidak ada yang mengetahui arti Yamko Rambe Yamko. Dia juga menyebut tidak ada yang mengakui bahwa Yamko Rambe Yamko berasal dari bahasa salah satu suku di Papua.

"Terus kenapa tiba-tiba bisa jadi lagu daerah Papua ya?" tanya Arie.

Dia tidak sepakat lagu Yamko Rambe Yamko sebagai lagu dari daerah Papua. Sebab, dia menyebut orang Papua tidak mengetahui bahasa tersebut.

Dalam vlog berdurasi 6 menit 16 detik itu, dia menyebut Yamko Rambe Yamko adalah bahasa Swahili, Afrika.

Terkait dengan hal itu, dia meminta orang Papua yang bisa membuktikan bahwa Yamko Rambe Yamko adalah bahasa daerah Papua untuk memberi respons. Dia berkata hal itu akan menambah wawasan.

"Menurut saya sih, sampai kita tahu jelas dari mana asalnya lagu Yamko Rambe Yamko itu, saya rasa tidak perlu lah kita nyanyikan dan kita klaim itu sebagai lagu daerah Papua," ujarnya.

Vlog yang diunggah oleh Arie kemudian menimbulkan reaksi beragam dari warganet di media sosial Twitter. Banyak warganet yang tidak mengira bahwa lagu tersebut bukan berasal dari Papua.

Salah satu akun yang berkomentar adalah @dw_saptarini. Dia mengaku heran kenapa baru diberi tahu sekarang bahwa Yamko Rambe Yamko bukan lagu Papua.

"'Yamko rambe yamko' bukan lagu Papua. Jadi, gimana kok sampai selama ini baru dikasih tahu?," kicau @dw_saptarini.


Sedangkan akun @urkerfufflepal mengucapkan terima kasih kepada Arie karena memberi tahu bahwa Yamko Rambe Yamko bukan lagu Papua.

"Terima kasih kaka @Arie_Kriting, su beritahu kitorang bahwa 'Yamko Rambe Yamko' bukan lagu Papua punya e," kicau @urkerfufflepal.

Di sisi lain, @GroovyInsider mengaku terkejut dengan informasi yang menyebut bahwa lagu Yamko Rambe Yamko diduga bukan dari Papua. Padahal, dia menyebut sejak kecil memahami lagu itu dari Papua.

"Astaga nagaaaa.... Dunia sudah mau kiamat ini Ano. Waktu kecil saya tau lagu Yamko Rambe Yamko dari Papua. Saya masih tidak percaya!!!! Reset sejarah please....," kicau @GroovyInsider.

(jps/pmg)

[Gambas:Video CNN]