Webtun The Sound of Your Heart Tamat Setelah 14 Tahun

CNN Indonesia | Rabu, 01/07/2020 05:40 WIB
Webtoon The Touch of Your Heart Ep 1 I Drew It oleh Cho Seok Webtun terlama Korea Selatan, The Sound of Your Heart, resmi berakhir pada Selasa (30/6) setelah tayang 14 tahun. (dok. WEBTOONS/Cho Seok)
Jakarta, CNN Indonesia --

Webtun terlama Korea Selatan, The Sound of Your Heart, resmi berakhir pada Selasa (30/6). Kabar tersebut disampaikan secara resmi oleh sang ilustrator, Cho Seok.

Dalam episode terakhir yang tayang hari ini, ia mengaku beruntung bisa merasakan akhir dari komiknya.

"Saya bisa menyelesaikan satu webtoon dalam 14 tahun berkat kalian semua. Saya akan mengerjakan cerita baru dengan selalu mengingat perasaan ini," tulis Cho Seok.


The Sound of Your Heart pertama kali tayang di laman webtun Naver pada 8 September 2006. Webtun tersebut akhirnya tamat dengan 1.229 episode yang dirilis pada Selasa (30/6).

Webtun tersebut dimulai dengan pengalaman sehari-hari Cho selama dinas wajib militer. Beberapa episode juga menceritakan pengalamannya ketika menjadi pekerja paruh waktu. Secara garis besar, tiap episode The Sound of Your Heart hanya kisah sederhana.

Namun, narasi-narasi lucu Cho dan konten yang bisa langsung berhubungan dengan masyarakat membuat The Sound of Your Heart menjadi pelanggan lima besar webtun terpopuler selama bertahun-tahun.

Hal tersebut dikonfirmasi Naver Webtoon. The Sound of Your Heart telah mengumpulkan jumlah pembaca hampir 7 juta views dan 15 juta komentar. Lebih dari 500 episode telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris sejak Agustus 2014.

Melansir Korea Herald, hal itu juga terjadi berkat ketekunan Cho selama ini. Ia disebut tak pernah telat dalam menyiapkan episode baru, selalu memberitahukan jauh-jauh hari apabila terjadi sesuatu.

Cho juga hanya pernah mengambil libur tiga pekan pada Maret 2018 untuk pertama kalinya sejak rilis pada 2006. Ia juga pernah hiatus lima bulan pada Juli 2018 karena masalah kesehatan.

Sambutan hangat masyarakat membuat The Sound of Your Heart diterbitkan dalam bentuk buku dan diadaptasi sebagai serial televisi pada November 2016 yang dibintangi Lee Kwang-soo dan Jung So-min.

Webtun itu juga diadaptasi menjadi The Sound of Your Heart: Reboot yang diproduksi Netflix pada 2018.

[Gambas:Youtube]



(chri/end)