Sinopsis A Taxi Driver, Kisah Nyata di Peristiwa Gwangju 1980

CNN Indonesia | Kamis, 02/07/2020 15:25 WIB
Film Korea A Taxi Driver Sinopsis A Taxi Driver berisi sudut pandang seorang pengemudi taksi bersama reporter asing yang tanpa sadar berujung ikut menuliskan sejarah. (dok. Showbox via hancinema)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak sineas yang mengadaptasi gejolak di Gwangju pada 1980 ke layar lebar. Salah satunya ialah Sutradara Jang Hun yang membuat film A Taxi Driver dengan mengambil sudut pandang dari seorang pengemudi taksi bersama reporter asing yang tanpa sadar berujung ikut menuliskan sejarah.

Berikut sinopsis lengkap film Korea A Taxi Driver.

A Taxi Driver bermula dari seorang reporter asal Jerman, Peter, bekerja di Tokyo pada Mei 1980. Pada suatu hari, ia mendapat kabar bahwa sesuatu hal aneh dan misterius terjadi di Gwangju, Korea Selatan.


Sambungan komunikasi di sana benar-benar diputus. Hal itu membuat Peter memutuskan terbang ke Gwangju.

Sementara itu, di Seoul, hidup seorang pengemudi taksi bernama Kim Man-seob bersama anak perempuannya. Ia bekerja keras mencari banyak uang untuk anaknya dan demi membayar biaya sewa rumah.

Ketika sedang makan di restoran, Man-seob mendengar seorang turis asing bersedia membayar tinggi bagi yang mau mengantarkannya ke Gwangju. Tak banyak yang mau mengambil tawaran tersebut karena mengetahui situasi panas di Gwangju.

Tapi tidak dengan Kim Man-seob. Demi anak, ia langsung bergegas meninggalkan restoran dan menemui Peter. Keduanya pun bersepakat dan akhirnya pergi ke Gwangju dengan taksi Man-seob.

Mereka berdua sama-sama tidak tahu dan tidak pernah menyangka kunjungan ke Gwangju bisa membahayakan nyawa keduanya.

A Taxi Driver merupakan film yang dibuat berdasarkan kisah nyata dari kehidupan pengemudi taksi Kim Sa-bok yang mengantarkan Jurgen Hinzpeter ke Gwangju. Kala itu, pemberontakan besar-besaran terjadi di sana yang diperkirakan memakan korban hingga 2 ribu jiwa.

Film yang dibintangi Song Kang-ho, Yoo Hae-jin, Ryu Jun-yeol, Thomas Kretschmann ini menjadi Film Terbaik versi Blue Dragon Film Awards 2017 dan Daejong Film Awards 2017. Song Kang-ho juga panen piala Aktor Terbaik lewat film ini.

A Taxi Driver juga menjadi tempat reuni Song Kang-ho dan Sutradara Jang Hun setelah keduanya pernah bekerja sama dalam film The Secret Reunion pada 2010.

Film ini pertama kali tayang pada 2 Agustus 2017 dan menempati posisi ke-12 film terbanyak ditonton sepanjang sejarah Korea Selatan dengan penjualan lebih dari 12,1 juta tiket. Saat ini, A Taxi Driver juga bisa disaksikan di Viu.

[Gambas:Youtube]



(chri/end)