Bidik Generasi Muda, BKKBN Kolaborasi dengan Prilly dan Raffi

BKKBN, CNN Indonesia | Jumat, 03/07/2020 16:17 WIB
Aktris Prilly Latuconsina saat menghadiri Insert Awards 2017 di Gedung Trans TV, Jakarta, Kamis (26/10). CNN Indonesia/Bisma Septalisma Prilly Latuconsia, selebriti Indonesia yang berkolaborasi dengan BKKBN. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktris Prilly Latuconsina dan aktor sekaligus pengusaha Raffi Ahmad mengungkapkan kebanggaan berkolaborasi bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Kedua selebriti Indonesia itu masing-masing memiliki kerja sama dengan lembaga yang kini dipimpin oleh Hasto Wardoyo tersebut.

Dalam kerja sama itu, Prilly dipercaya untuk menyanyikan lagu tema BKKBN bertajuk Berencana itu Indah. Sementara dengan Raffi Ahmad, BKKBN membuat sebuah film animasi yang memuat pesan-pesan BKKBN untuk memperhatikan perencanaan demi mewujudkan keluarga keren, serta menjauhi seks pranikah, narkoba, serta pernikahan dini.

Pada acara Road to Hari Keluarga Nasional Ke-27 yang diadakan CNNIndonesia, Sabtu (27/6), Prilly menjelaskan keberadaan program-program BKKBN berhasil mengubah pemikiran kawan-kawannya seputar pernikahan dan perencanaan kehidupan.


"Banyak banget program-program BKKBN yang akhirnya menyadarkan generasi aku yang kadang suka menggampangkan pernikahan, akhirnya jadi lebih terencana lagi dan memikirkan usia saat menikah,"

Prilly lalu memberi contoh, "Yang asal nyeplos aja, 'pokoknya pengen punya anak tujuh' tapi tanpa dipertimbangkan kesehatan, keuangan, akhirnya berubah. Ternyata merencanakan jumlah anak juga pengaruhnya bukan ke satu hal saja, tapi banyak hal, ke kesehatan, ke finansial, karena kan anaknya tujuh-tujuhnya harus mendapatkan pendidikan yang baik."

Pada kesempatan yang sama, Raffi membeberkan bahwa film animasi BKKBN itu digarap oleh Rans Entertainment dan tayang di YouTube. Menurutnya, animasi yang biasa sebagai tontonan anak-anak dapat sekaligus jadi jembatan komunikasi, seperti saat orang tua menemani anak menonton. Sehingga satu tayangan dapat menyampaikan pesan terhadap dua generasi berbeda.

"Anak-anak zaman sekarang itu susah [diajak berkomunikasi] kalau terlalu digurui. Kita kan juga harus berkomunikasi dengan keluarga, dengan teknologi yang sekarang sudah berkembang. Kalau kita sisipkan dalam satu animasi yang tidak menggurui, kita bikin dengan fun, pesannya bisa diterima lebih enak," katanya.

Dalam tayangan itu, tidak hanya Raffi, sang istri Nagita Slavina, dan anak mereka Rafathar yang tampil dalam wujud animasi. Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dan Prilly pun digambarkan berwujud sama.

"Jadi supaya pesan dari BKKBN untuk jadi keluarga keren selalu diingat oleh berbagai macam usia, dari anak sampai orang tuanya," ujar Raffi.

Sebelumnya, Hasto menjelaskan fokus BKKBN saat ini bergeser membidik remaja dan generasi muda di bawah 40 tahun. Ia menekankan bahwa perencanaan pembangunan keluarga bertujuan agar anak yang kelak dilahirkan menjadi generasi unggul dan sehat. Pasangan muda yang ingin menikah hendaknya mengetahui 8 fungsi keluarga sebagai dasar, yakni fungsi agama, kasih sayang, perlindungan, sosial budaya, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, serta pembinaan lingkungan.

"Sekarang kita [BKKBN] tugasnya kependudukan, Keluarga Berencana, kesehatan reproduksi, pembangunan remaja. Jadi yang akan kita tekankan pada remaja, yaitu kesehatan reproduksi dan pembangunan keluarga," ungkap Hasto.

(rea)


ARTIKEL TERKAIT