Via Vallen dan Para Seleb Target Penguntit Berdalih Fan

CNN Indonesia | Sabtu, 04/07/2020 07:45 WIB
Pedangdut Via Vallen saat tampil di acara Semarang Jelajah Musik (Semarjamu) kota Semarang, Jumat (8/9). Kasus Via Vallen yang dikuntit orang dengan dalih penggemar bukan pertama kali terjadi, berikut sejumlah kasus lainnya yang menimpa selebriti dunia. (CNN Indonesia/Damar Sinuko)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penyanyi Via Vallen belum lama ini menjadi korban seorang penguntit yang mengaku penggemar. Bukan hanya menguntit ke ruang privat, penguntit ini bahkan nekat membakar mobil sang idola karena tak bisa bertemu langsung.

Pelantun Sayang ini juga menerima ancaman lewat pesan yang ditulis di tembok.

Kejadian serupa seperti ini sebelumnya juga sempat dialami sejumlah pesohor di dunia. Mulai dengan melakukan kontak fisik secara paksa, memaksa masuk ke kediaman pribadi, menghubungi nomor pribadi, hingga meracuni minuman artis.


Berikut deretan selebriti yang pernah menjadi korban para penguntit dengan dalih penggemar.

TWICE

TWICE merupakan salah satu idol Korea yang pernah menjadi korban penguntit. Pada Februari silam, kejadian tak mengenakkan tersebut menimpa beberapa member TWICE, termasuk Nayeon.

Hal itu bermula beberapa bulan lalu ketika seorang pria bernama Josh mengaku sebagai kekasih Nayeon. Ia pun berjuang untuk bisa bertemu Nayeon mulai dari mengunjungi gedung JYP, lokasi konser, hingga rumah keluarga Nayeon.

Josh juga diduga berada di pesawat yang sama dengan Nayeon saat hendak kembali ke Korea dari Jepang. Dugaan itu muncul setelah TWICE mengunggah permintaan untuk tak mengikuti mereka di Instagram.

"Tolong pergi. Tolong hentikan ini. Saya mohon," tulis unggahan tersebut yang langsung dihapus dalam hitungan menit.

LOS ANGELES, CA - DECEMBER 02: Singer Britney Spears performs onstage during 102.7 KIIS FM's Jingle Ball 2016 presented by Capital One at Staples Center on December 2, 2016 in Los Angeles, California.   Kevin Winter/Getty Images for iHeartMedia/AFPSama seperti TWICE, kejadian serupa sempat menimpa Britney Spears beberapa tahun lalu. (Kevin Winter/Getty Images for iHeartMedia/AFP)

Britney Spears

Sama seperti TWICE, kejadian serupa sempat menimpa Britney Spears beberapa tahun lalu. Seorang pria bernama Asahiko Shizawa mengaku jatuh cinta kepada Britney dan mengirimkan banyak surel dan foto dirinya dengan keterangan, "Saya mengejarmu".

Shizawa bahkan terbang dari Jepang ke Amerika Serikat dan memaksa masuk ke rumah pelantun One More Time tersebut.

Jennifer Aniston

Bintang Friends ini sempat berurusan dengan kejadian seperti Spears dan Nayeon. Seorang pria selama delapan hari mencoba mencari Aniston dan mengaku kepada polisi sebagai kekasihnya.

Pria tersebut kemudian dibawa ke psikiater saat itu karena dianggap mengancam keselamatan Aniston.

Taylor Swift

Aksi nekat penguntit pun pernah dialami penyanyi Taylor Swift. Seseorang penggemar sempat memaksa masuk ke kediamannya bahkan hingga memecahkan kaca rumah Taylor Swift di Rhode Island.

Sebelum ditangkap polisi setempat, fan tersebut mengelilingi rumah pelantun lagu Blank Space. Polisi menyatakan fan itu tak berniat melukai orang lain. Namun, fan itu tetap dihukum karena memaksa masuk kediaman orang lain.

Awarded as best Male vocal performance, Taeyang poses during the winners press conference of the Mnet Asian Music Awards (MAMA) at Asia-World Expo in Hong Kong on December 3, 2014. SKorea music awards lifestyle K-pop's most important night on Thursday treated thousands of screaming fans to sexy dance performances and vocal performances including performances by American singer John Legend.  AFP PHOTO / JOHANNES EISELE / AFP PHOTO / JOHANNES EISELEPengalaman mengerikan dari penguntit juga dialami personel BIGBANG, Taeyang. (AFP PHOTO / JOHANNES EISELE)

Taeyang dan Taecyeon

Pengalaman mengerikan dari penguntit juga dialami personel BIGBANG, Taeyang, dan Taecyeon '2PM'. Keduanya sama-sama pernah menerima surat yang ditulis dengan darah.

Seorang sasaeng alias penggemar yang berlaku melebihi batas terhadap privasi artis, pernah mengunggah gambar melukai dirinya di leher dan sejumlah anggota tubuh lainnya supaya bisa mengumpulkan darah untuk menulis surat kepada Taeyang BIGBANG.

Sementara itu, surat untuk Taecyeon ditulis dengan darah menstruasi dan menebarkan rambut kelamin si pengirim di atas surat tersebut. Surat tersebut kemudian difoto dan dikirimkan ke Taecyeon.

(agn/end)