Siasat BKKBN Perkenalkan Lagu Tema Berencana itu Keren

BKKBN, CNN Indonesia | Minggu, 05/07/2020 00:09 WIB
BKKBN (iklan) Kepala BKKBN Hasto Wardoyo. (Foto: BKKBN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) memperkenalkan lagu bertajuk Berencana itu Keren sebagai lagu tema pada Juni 2020. Aktris Prilly Latuconsina dipilih untuk membawakannya.

Dalam lagu yang merupakan buah karya Melly Goeslaw itu, Prilly menyanyikan lirik tentang perencanaan kehidupan. Hal itu sejalan dengan fokus BKKBN yang kini membidik remaja dan usia di bawah 40 tahun.

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan, program dan rencana pelayanan BKKBN kepada masyarakat berganti seiring perubahan fokus yang membidik remaja dan generasi muda di bawah 40 tahun.


"Sekarang kita [BKKBN] tugasnya kependudukan, Keluarga Berencana, kesehatan reproduksi, pembangunan remaja. Jadi yang akan kita tekankan pada remaja, yaitu kesehatan reproduksi dan pembangunan keluarga," ungkap Hasto dalam acara Road to Hari Keluarga Nasional Ke-27 yang diadakan CNNIndonesia, Sabtu (27/6).

Memperingati Hari Keluarga Nasional ke-27 yang jatuh pada akhir Juni lalu, BKKBN mengadakan lomba menyanyikan lagu Berencana itu Keren. Lomba diikuti oleh remaja dari 34 provinsi se-Indonesia yang menyanyikan lagu tema tersebut dalam bahasa daerah masing-masing. Tujuannya, untuk menjangkau lebih banyak remaja dan masyarakat di daerah.

Lomba dibuka untuk semua remaja Indonesia melalui platform resmi YouTube dan Instagram GenRe Indonesia. Lewat proses penjurian, tersaring 10 nominator GenRe yang lantas ditentukan menjadi tiga Terbaik Harapan dan tiga Terbaik Utama. Masing-masing Terbaik Harapan adalah yang menyanyikan Berencana itu Keren dalam bahasa Bengkulu, Gorontalo, dan Maluku Utara sebagai juara satu.

Sementara, tiga predikat Terbaik Utama jatuh pada GenRe Sulawesi Utara di peringkat terakhir, Melisa yang bernyanyi dalam bahasa Aceh di peringkat kedua, dan dinobatkan sebagai juara pertama adalah GenRe dari Papua.

(rea)