Kronologi Perseteruan Mina Hingga Jimin Keluar AOA

CNN Indonesia | Minggu, 05/07/2020 12:03 WIB
Foto Combo Jimin AOA dan Kwon Mina Jimin AOA dan Kwon Mina. (Screenshot via instagram @jiminbaby_18 dan @kvwowv)
Jakarta, CNN Indonesia --

Shin Jimin memutuskan keluar dari AOA setelah Kwon Mina, mantan grup membernya, mengungkapkan kasus perundungan yang dialami selama 10 tahun.

Keputusan Jimin keluar dari AOA disampaikan FNC Entertainment, selaku agensi, lewat keterangan resmi pada Sabtu (4/7). Mereka meminta maaf karena permasalahan tersebut memicu kekhawatiran banyak pihak.

"Mulai saat ini, Jimin memutuskan untuk keluar dari AOA dan menghentikan semua aktivitasnya di industri hiburan," tulis FNC Entertainment.


Sementara itu, mereka juga menyatakan siap bertanggung jawab atas permasalahan yang terjadi terkait Jimin dan akan lebih fokus memperhatikan setiap artis mereka demi mencegah hal serupa terjadi di masa mendatang.

"Sekali lagi, kami minta maaf karena menyebabkan banyak masalah atas kejadian ini," ucap agensi seperti dilansir MBN via Naver.

Kasus ini bermula pada Jumat (3/7), ketika Mina mengunggah tangkapan layar pesan warganet yang menyuruhnya untuk menghilang. Dalam unggahan itu, ia mengatakan telah berpikir untuk menghilang sejak dahulu karena kerap dirundung salah satu member AOA.

Namun, hal itu urung dilakukan sebab memikirkan sang ibu dan dirinya merupakan tulang punggung keluarga.

Mina menceritakan kasus perundungannya dalam sejumlah unggahan di Instagram. Ia mengungkapkan selalu dirundung oleh salah satu member yang tak disebutkan namanya, selama 10 tahun tanpa mengetahui alasan pasti dirinya dibenci oleh member tersebut.

Mina menyatakan ingin satu kali saja berbalik dan membalas member tersebut karena perkataan dan tingkah lakunya membuat dirinya sangat tertekan hingga harus mengonsumsi banyak obat untuk mengatasi gangguan kecemasan.

Namun, pada akhirnya ia hanya memilih untuk keluar dari AOA meski dirinya tak ingin melakukan hal itu. Keluar dari grup ternyata tak membuatnya lebih baik. Mina mengungkapkan kerap bermimpi buruk dan selalu tertekan sejak membuka mata di pagi hari.

Hal itu mendorongnya untuk melukai diri sendiri dengan harapan bisa membuatnya tak mengingat kembali perlakuan dan kata-kata yang dilontarkan member itu.

Dalam unggahan lain, ia masih menyembunyikan nama memberi yang merundungnya. Namun, Mina mengungkapkan ayah dari member tersebut baru saja meninggal dunia. Ketika ia datang ke pemakaman, member tersebut disebut menangis dan meminta maaf kepadanya.

Pernyataan tersebut membuat warganet langsung berasumsi member yang kerap merundung Mina ialah Jimin, sang leader AOA. Sebab, ayah Jimin meninggal dunia pada April 2020.

Tak lama setelah Mina mengunggah beberapa pernyataan, Jimin sempat mengunggah Instagram Stories yang membuat warganet semakin yakin Jimin merupakan orang yang dimaksud oleh Mina.

"Fiksi," tulis Jimin yang kemudian langsung dihapus.

Mina langsung mengomentari unggahan tersebut. Kali ini, ia bahkan langsung menyebut nama Jimin di setiap unggahan terbarunya mengenai perundungan. Ia menyatakan memiliki banyak bukti dan saksi bahwa perundungan yang dirasakan bukan fiksi semata.

"Hal ini terlalu menyeramkan untuk disebut fiksi. Saya menjalani perawatan bekas luka 3-4 kali supaya lebih baik. Tapi ingatan saya tidak akan pernah pudar. Saya merasa gila setiap hari. Jimin, [kau mau saya bawa ini ke jalur] hukum? Tuntutan hukum? Saya tak punya uang untuk itu. Kompensasi karena kerusakan mental saya? Saya tak perlu itu,"

"Yang saya harapkan adalah dirimu mengaku salah di depan saya. Hanya satu permintaan maaf yang tulus. Hanya itu," tutur Mina.

Beberapa saat setelah itu, Mina mengungkapkan seluruh member AOA mengunjungi rumahnya dan berdiskusi mengenai permasalahan tersebut. Ia juga menyatakan ketika datang Jimin meluapkan kemarahannya dan meminta maaf atas semua yang dilakukan.

Dalam pertemuan itu, Jimin bahkan menyatakan apakah permasalahan tersebut akan berakhir jika dirinya meninggal. Jimin, kata Mina, merasa permasalahan di antara mereka berakhir di pemakaman ayahnya.

Namun, ia merasa luka yang dirasakan dalam 10 tahun tak bisa hilang dalam satu malam, terlebih dalam acara duka akibat ditinggalkan orang tua.

Dalam unggahan lainnya, Mina menyatakan menerima permintaan maaf Jimin walau masih meragukan ketulusannya karena diawali dengan amarah terlebih dahulu.

Jimin juga akhirnya mengunggah permintaan maaf di Instagram. Ia menyatakan bukan leader yang baik dan menyesal serta merasa bersalah atas semua yang dilakukan di masa lalu.

Hingga akhirnya, Jimin memutuskan keluar dari AOA dan industri hiburan.

Sementara itu, Woori Entertainment selaku agensi Mina menyatakan kesehatan mental dan keselamatan sang artis menjadi prioritas utama mereka. Agensi juga menyiapkan perawatan psikologi bagi Mina sehingga bisa kembali menyapa penggemar dalam kondisi yang lebih baik di masa mendatang.

[Gambas:Instagram]

(chr/ard)

[Gambas:Video CNN]