Review Manga: One Piece Chapter 984

Aulia Bintang Pratama, CNN Indonesia | Selasa, 07/07/2020 18:28 WIB
One Piece
dok. Toei Animation Ilustrasi. (Dok. Toei Animation)
Jakarta, CNN Indonesia --

Artikel ini mengandung beberan.

One Piece chapter 984 membuka rahasia yang dalam beberapa babak terakhir menghantui pikiran para penggemar, yaitu soal identitas Yamato, anak dari Yonkou Kaidou.


Saat pertama kali muncul, banyak penggemar berspekulasi bahwa Yamato adalah Kozuki Oden, pewaris sah takhta kerajaan Negeri Wanokuni.

Spekulasi ini muncul karena pakaian Yamato sama persis dengan yang dulu pernah digunakan Oden, mulai dari atribut tali di bagian punggung dan rantai di tangan Yamato.

Namun, spekulasi dan teori-teori itu dimentahkan oleh Eiichiro Oda dengan memperkenalkan bahwa Yamato adalah seorang perempuan.

Yamato digambarkan sebagai karakter yang sangat mengidolakan Oden. Ia bahkan pernah mengaku ingin sekali menjadi Kozuki Oden.

Obsesi ini diperkuat dengan boks perkenalan nama Yamato dengan tulisan "self-styled Kozuki Oden" atau dalam bahasa Indonesia berarti Yamato seakan-akan mendeklarasikan diri sebagai Kozuki Oden.

Dalam perjalanan sebagai penggemar Oden, Yamato menemukan buku jurnal yang dulu pernah ditulis oleh Oden.

Buku itu berisi semua cerita Oden, mulai dari dia diusir dari ibu kota Wano, hingga berkelana keluar Wano untuk menjadi bajak laut di kapal Shirohige dan Gol D. Roger.

Yamato berkata bahwa jurnal itu bak kitab suci baginya dan dia harus mewujudkan apa yang selama ini Oden inginkan, yaitu membuka perbatasan Negeri Wano.

Yamato dan Ace

Selain perkenalan Yamato, One Piece chapter 984 juga menguak fakta bahwa Yamato pernah bertemu dengan Ace, kakak Luffy. Di salah satu panel, Yamato mengatakan bahwa sosok Luffy mengingatkan dirinya pada sosok Ace.

Pada chapter 912, Ace diceritakan pernah terdampar di Wano sekitar empat tahun lalu dan bertemu dengan Tama, seorang anak perempuan warga asli Wano.

Ace tinggal beberapa pekan di Wano dan berjanji akan membawa Tama ke laut jika waktunya sudah tepat. Janji ini tak bisa ditepati karena Ace sudah tewas saat perang Marineford dua tahun lalu.

Sama seperti Yamato, Tama pun melihat sosok Luffy sangat mirip dengan Ace. Tama lantas jadi sangat dekat dengan Luffy dan kelompok bajak laut Topi Jerami.

Namun, informasi soal hubungan Yamato dengan Ace di chapter 984 masih sangat minim dan belum ada penjelasan lebih lanjut hubungan keduanya, kawan atau lawan.

One Piecedok. Toei AnimationIlustrasi. (Dok. Toei Animation)

Kondisi Onigashima

Meski sorotan utama chapter 984 adalah Yamato, Eiichiro Oda tetap menyisipkan detail-detail lain soal kondisi Onigashima.

Sosok Kozuki Momonosuke yang dipasung diperlihatkan secara lebih jelas, dengan Orochi, Kaidou, dan ketiga all-starnya berada di lokasi yang sama.

Aliansi bajak laut dan samurai Wano sudah membaur dengan pasukan bajak laut Kaidou dan harus berpura-pura bahagia melihat kondisi Momonosuke yang babak belur dan akan dieksekusi oleh Orochi.

Lima anggota Nine Red Scabbard yang ada di Polar Tang pun sudah dipindahkan ke Onigashima menggunakan kekuatan buah iblis Trafalgar Law.

Sesampainya di Onigashima, rombongan itu berpapasan dengan Nekomamushi dan Izou yang artinya Nine Red Scabbard telah lengkap ada di Onigashima.

Dua anggota Nine Red Scabbard lain, Denjiro dan Kin'emon, sudah lebih dulu tiba di Onigashima bersama rombongan Luffy dan lain-lain.

Momen tersebut juga menandakan reuni antara Izou dengan teman-temannya yang dulu dia tinggalkan karena memilih untuk menetap di kapal bajak laut Shirohige.

Informasi Paling Ditakuti

One Piece chapter 984 ditutup dengan informasi yang paling ditakuti oleh para penggemar One Piece.

Pekan depan One Piece libur dan chapter 985 baru akan rilis pada 19 Juli 2020.

(has)