Maestro Komposer Ennio Morricone Meninggal Dunia di Usia 91

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 07/07/2020 10:58 WIB
(FILES) In this file photo taken on February 28, 2016 Italian composer Ennio Morricone poses with the Oscar for Best Original Score, Maestro komposer peraih piala Oscar, Ennio Morricone meninggal dunia di usia 91 tahun pada Senin (6/7) setelah jatuh dan mengalami patah panggul. (AFP/ROBYN BECK)
Jakarta, CNN Indonesia --

Maestro komposer peraih piala Oscar, Ennio Morricone meninggal dunia di usia 91 tahun pada Senin (6/7). Ia merupakan sosok di balik musik dari film The Good, the Bad and the Ugly, juga The Mission.

Variety mengabarkan, Morricone meninggal pada Senin pagi di sebuah klinik di Roma, Italia. Menurut pengacara Morricone, Giorgio Asumma kepada ANSA, komponis itu dilarikan ke klinik setelah jatuh dan mengalami patah panggul.

Sesaat setelah kematian Morricone dikonfirmasi, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengucapkan bela sungkawa melalui akun media sosialnya.


"Kita akan selalu mengenang, dengan rasa terima kasih tak terhingga, genius artistik dari maestro Ennio Morricone. Lagunya membuat kita bermimpi, merasa semangat, merefleksi, menulis catatan berkesan yang akan tetap ada tak terhapuskan dalam sejarah musik dan film," kata Conte.

Lahir di Roma, 10 November 1928, Morricone tercatat terlibat dalam lebih dari 500 film dan proyek televisi. Ia menggarap musik selama lebih dari 50 tahun, dan dipercaya menjadi rekor dalam sejarah perfilman Barat.

Setidaknya, puluhan dari karya-karya Morricone merupakan score klasik dari film-film legendaris, seperti The Good, the Bad and the Ugly, dan Once Upon a Time in the West, The Mission, dan Cinema Paradiso.

Morricone tercatat pernah enam kali menjadi nominasi Oscar berkat Days of Heaven, The Mission, The Untouchables, Bugsy, Malena, dan The Hateful Eight.

Dari enam nominasi tersebut, Morricone memenangkan The Hateful Eight pada 2016 lalu ketika usianya 88 tahun.

Sebelumnya, ia mendapatkan piala Oscar sebagai Honorary Academy Awards pada 2007 atas "kontribusinya yang beragam dan luar biasa atas seni musik film". Morricone menjadi komponis kedua dalam sejarah Oscar yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Variety menyebut Morricone terlibat dalam The Hateful Eight yang digarap oleh Quentin Tarantino setelah mengungkapkan ketidaksukaannya bahwa musik yang pernah ia buat untuk film lain pernah digunakan oleh Tarantino.

Kolaborasi dalam Hateful Eight pun terjadi. Morricone bukan hanya membuat musik berdasarkan adegan tertentu, melainkan dari naskah Tarantino langsung. Hal ini ia gunakan di sebagian besar karyanya, termasuk The Good, the Bad and the Ugly dan Once Upon a Time in the West.

Kabar Ennio Morricone meninggal dunia ini pun membuat dunia perfilman berduka. Sejumlah pesohor ikut mengucapkan bela sungkawa.

"Dengan kesedihan yang luar biasa, kami ucapkan selamat tinggal kepada seorang master film yang besar. Musiknya akan terus diputar dalam ingatan kita. Beristirahatlah dengan tenang #EnnioMorricone," kata Antonio Banderas.

"Ada orang yang memiliki kemampuan untuk membuat dunia lebih baik karena mereka tahu cara menciptakan keindahan," kata Monica Bellucci.

"Karier Anda legendaris, lagu Anda abadi. Terima kasih telah menciptakan suasana untuk begitu banyak acara kami sejak 1983," ucap band Metallica yang kerap menggunakan scoring The Good, the Bad and the Ugly, The Ecstasy of Gold sebagai musik pengiring.

[Gambas:Youtube]



(end)