5 Rekomendasi Anime Zombie Terbaik dan Menegangkan

CNN Indonesia | Rabu, 08/07/2020 23:57 WIB
Gyo: Tokyo Fish Attack. Ilustrasi anime Gyo, Tokyo Fish Attack. (Aniplex via IMDb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penampakan zombie yang seperti mayat hidup berjalan ternyata digandrungi banyak orang, terbukti dengan film, game, novel, hingga kartun Jepang atau anime berbau zombie terus laku di pasaran. Tak heran jika banyak orang mencari rekomendasi anime zombie terbaik untuk tontonan saat senggang.

Biasanya, karakter utama akan digambarkan sebagai manusia biasa terimpit serangan pasukan zombie yang mewabah di kota. Mereka mau tidak mau harus menjalani hari-hari perjuangan bertarung atau berlindung dari serangan zombie.  

Adrenalin yang diciptakan di tiap episode mampu menggoda penggemar anime untuk menengok aksi mereka dalam sebuah penokohan yang diplot dalam satu cerita apik.


CNNIndonesia.com merangkum lima rekomendasi anime zombie terbaik yang dapat ditonton di akhir pekan bersama dengan keluarga.

1. Shikabane Hime

Shikabane Hime atau Corpse Princess merupakan anime zombie tentang seorang gadis bernama Hoshimura Makina. Suatu hari, ia kembali dihidupkan usai keluarganya mengalami insiden pembunuhan tragis.

Kendati demikian, Makina kembali dihidupkan dengan wujud mayat hidup atau shikabane berdasarkan perjanjiannya dengan seorang pendeta, Tagami Keisei.

Dalam perjanjiannya, Makina bertugas memburu zombie lainnya. Berdasarkan perjanjian dengan Keisei, Makina harus membunuh 108 zombie lainnya untuk bisa mencapai surga. Namun di balik misi tersebut, Makina ternyata menyimpan dendam kesumat pada orang-orang yang membunuh ia dan keluarganya.

Petualangan Makina dengan kekuatan barunya membuat serial anime yang disutradarai Masahiko Murata ini menjadi lebih menarik dan seru.

Anime yang ditayangkan sejak Oktober 2008 hingga Maret 2009 ini memiliki total 25 episode yang dapat penggemar anime jadikan santapan maraton film di tengah kebosanan masa pandemi penyakit akibat virus corona (Covid-19).

Shikabane HimeShikabane Hime (Dok. Feel via IMDb)

2. Highschool of the Dead

Serial anime garapan Tetsuro Araki ini mengisahkan tentang serangan zombie yang mewabah hingga berbagai penjuru SMA dan kota.

Takashi Komuro mulai melihat keanehan saat kehidupan SMA-nya yang selama ini tentram, tiba-tiba kedatangan seseorang yang memaksa masuk ke dalam gerbang.

Orang aneh tersebut ternyata merupakan zombie yang berhasil menggigit tangan guru. Siklus pun berlanjut dengan 'makan-memakan' yang membuat teman-temannya berubah menjadi zombie.

Takashi bersama temannya, Rei Miyamoto, dan keempat karakter lainnya berjuang bersama melawan serangan zombie yang sudah mewabah tak terkendali.

Serial anime yang ditayangkan sejak Juli hingga September 2010 silam ini memiliki plot cerita menegangkan, sehingga layak dijadikan salah satu rekomendasi anime zombie terbaik untuk ditonton.

Dengan total 12 episode, anime ini lebih menekankan kepada nilai moral persahabatan di antara kisah perjuangan anak SMA melawan zombie dengan keahliannya masing-masing.

Highschool of the Dead.Highschool of the Dead. (Madhouse via IMDb)

3. Gyo: Tokyo Fish Attack

Film anime yang satu ini memiliki plot cerita menarik dan karakter zombie baru dan unik. Dengan durasi 75 menit, Gyo mengisahkan petualangan Tadashi dan Kaori, sepasang kekasih yang tengah berlibur di Okinawa untuk menyelam.

Kaori yang memiliki sensitivitas terhadap bau mulai menyadari suatu keanehan dari kematian ikan dalam jumlah banyak karena terinfeksi virus percobaan pasukan Jepang sejak Perang Dunia II.

Bangkai ikan tersebut membuat aroma memualkan tercium di Okinawa. Lebih parah, ikan yang sudah mati itu bertransformasi menjadi zombie dan memiliki kaki menyerupai laba-laba.

Serangan tersebut membuat Kaori hampir bunuh diri karena tak kuasa menahan aroma busuk dari zombie ikan yang juga menularkan virus itu.

Serial anime garapan Takayuki Hirao ini pertama kali rilis pada 15 Februari 2012, dan dapat dijadikan salah satu tontonan lucu sekaligus menegangkan dari aksi sepasang kekasih yang melawan serangan zombie ikan hiu putih.

Gyo: Tokyo Fish Attack.Gyo: Tokyo Fish Attack (Aniplex via IMDb)

4. Shisha no Teikoku

Film anime garapan sutradara Ryotaro Makihara ini mengangkat kisah tentang teknologi di kehidupan abad ke-19. Teknologi itu dapat membangkitkan manusia yang sudah meninggal menjadi zombie. 

Namun, mereka tetap saja tidak bisa mengembalikan jiwa manusia yang meninggal, sehingga penciptaannya itu malah menyengsarakan.

Mahasiswa kedokteran London, John Watson, lantas menggunakan berbagai cara untuk menemukan catatan Dokter Victor Frankenstein, yang menghilang tak lama setelah karya revolusionernya tentang penghidupan kembali mayat.

Frankenstein menyebut dirinya berhasil menghidupkan kembali satu-satunya mayat yang memiliki jiwa.

Film yang rilis pada 2 Oktober 2015 ini memberikan sentilan moral dan kisah petualangan menarik dari orang-orang baru dan zombie yang ditemui oleh Watson.

Shisha no Teikoku.Shisha no Teikoku (Wit Studio via IMDb)

5. Sankarea: Undying Love

Serial anime yang satu ini berbeda dengan anime tema zombie kebanyakan. Penggemar tidak akan menemukan sosok zombie menyeramkan di sini.

Tontonan yang tayang sejak April hingga Juni 2012 dengan total 12 episode ini bercerita tentang Chihiro Furuya. Ia punya obsesi aneh untuk memiliki kekasih zombie.

Untuk mewujudkan keinginannya, ia menciptakan sebuah ramuan yang mampu membangkitkan orang yang telah mati dan bertransformasi menjadi zombie.

Namun tanpa sengaja, seorang perempuan bernama Sanka Rea yang telah berputus asa dan ingin bunuh diri, meminum ramuan tersebut. Sanka kemudian mati dan menjadi zombie impian Chihiro.

Serial anime arahan Shinichi Omata ini memiliki kisah unik dengan sentuhan romansa remaja yang tidak memiliki adegan penyerangan brutal. Tentunya, penggemar anime romansa yang menyukai genre fantasi perlu menonton anime satu ini.

Nah, kelima rekomendasi anime zombie terbaik yang telah diulas tersebut tentunya dapat dijadikan referensi daftar anime selama pandemi penyakit akibat virus corona atauCovid-19.

SankareaSankarea. (BS-TBS via IMDb)
(kha/has)