Sinopsis Humba Dreams, Mencari Jawaban di Tanah Sumba

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 09:14 WIB
Film Humba Dreams oleh Riri Riza. Sinopsis Humba Dreams mengisahkan perjuangan Martin memecahkan 'misteri' warisan dari ayahnya yang meninggal tiga tahun lalu. (dok. Miles Films via YouTube)
Jakarta, CNN Indonesia --

Film Humba Dreams karya Riri Riza resmi tayang di Netflix pada Kamis (9/7). Berikut sinopsis Humba Dreams yang memenangkan CJ Entertainment Awards Asian Project Market, Busan, Korea Selatan pada 2017.

Kisah film 76 menit ini berisi perjuangan Martin yang memecahkan 'misteri' warisan dari ayahnya yang meninggal tiga tahun lalu namun belum jua dikubur.

Martin, mahasiswa sekolah film di Jakarta, terpaksa harus pulang kembali ke Sumba untuk memenuhi panggilan ibunya yang terus-menerus mendesak ia pulang kampung.


Alasan sang ibu sederhana, selain rindu dengan anaknya yang meneruskan hobi suaminya akan film, Martin diminta pulang karena ada 'wasiat' dari sang mendiang untuk dibuka. Wasiat yang ada dalam kotak itu hanya boleh dibuka ketika Martin ada di Sumba.

Padahal, Martin sedang dalam tugas akhir berupa proyek film bersama teman-temannya. Ia pun berusaha kabur, namun berbagai kejadian membuatnya 'terjebak' di Sumba dan terpaksa untuk menuruti permintaan ibunya itu.

Ketika kotak itu dibuka, Martin rupanya masih belum bisa melihat 'pesan asli' dari sang ayah. Hal itu karena wasiat disimpan dalam rol film ukuran 16 mm yang tak bisa disaksikan dengan cara digital.

Martin pun ke sana ke mari untuk mencari cara mencari tahu isi rol film tersebut sekaligus jawaban dari tujuan mendiang ayahnya dalam wasiat ini. Dalam pencarian itu, Martin bertemu dengan Ana.

Film Humba Dreams oleh Riri Riza.Sinopsis Humba Dreams mengisahkan, dalam pencarian jawaban atas wasiat sang ayah, Martin bertemu dengan Ana. (dok. Miles Films via YouTube)

Ana adalah seorang perempuan Sumba yang ditinggal suaminya menjadi tenaga kerja di Malaysia. Namun sudah bertahun-tahun Ana tak mengetahui kabar suaminya itu.

Martin tertarik dengan Ana. Namun keterikatan Ana dengan masa lalunya rupanya membawa Martin mengenal masalah lain yang kerap terjadi di daerah: nasib masyarakat di daerah terpinggirkan.

Martin dan Ana kini sama-sama memiliki pertanyaan yang harus mereka cari jawabannya di Tanah Sumba, dengan segala keterbatasan dan pesona alam juga budaya yang menakjubkan.

Humba Dreams ditulis dan digarap sendiri oleh Riri Riza dan diproduseri oleh Mira Lesmana. JS Khairen didapuk memerankan Martin dan Ully Triani sebagai Ana.

Humba Dreams pertama kali ditayangkan di layar lebar untuk World Premiere di Shanghai International Film Festival pada Juni 2019.

Film itu kemudian diputar keliling di 5 kota besar Indonesia bersama komunitas-komunitas film, seperti Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF), Japanese Film Festival, dan Kineforum, serta menjadi bagian dari ARTJOG 2019, perhelatan seni kontemporer terbesar di Indonesia.

Humba Dreams pun meraih predikat film terbaik untuk kategori Film Independen Non-Bioskop Reguler Terpilih di ajang Piala Maya 2019.

Usai mengetahui sinopsis Humba Dreams, film ini bisa disaksikan di Netflix.

[Gambas:Youtube]



(end)